SMA Negeri 1 Karimun Juara Film Pendek Se-Kepulauan Riau

Karimun, beritakarimun.com – SMA Negeri 1 Karimun (SMANSAKA) berhasil meraih juara satu pada Lomba karya film pendek dengan tema generasi anti narkoba antar pelajar tingkat SMA se-Kepulauan Riau (Kepri) di Mega Mall Batam Centre, Selasa (29/10/2019).

Film pendek berdurasi 7 menit tersebut diperankan dan dikerjakan bersama oleh para siswa kelas 11 dan 12 Smansaka. Pengerjaan film pendek tersebut juga tidak terlepas dari bimbingan para Guru.

Film pendek yang dimenangkan oleh Siswa Smansaka tersebut diberi judul ‘Petuah Ramanda’ yang artinya ‘Pesan dari Ayah’. Film itu menceritakan seorang tokoh utama yang merupakan sesosok anak lelaki yang baik, namun salah langkah karena prustasi setelah ditinggal ayahnya meninggal dunia.

“Dalam film, kita menceritakan sosok anak remaja bernama Raki yang prustasi karena ayahnya meninggal dunia, Raki menjadi pendiam dan putus asa sehingga terjerumus ke ruang lingkup narkoba dan terputuk. Disaat Raki sedang tertidur dalam buaian pengaruh narkoba, ayah yang sangat disayanginya menghampiri dalam mimpi dan berpesan, seketika bangun Raki akhirnya bisa berubah menjadi Raki yang baru lagi,” jelas Bram Wiratma siswa kelas 11 IPA 2 yang merupakan Sutradara yang merangkap sebagai Kameramen dalam film tersebut

Bram menjelaskan pesan dari film tersebut yang dapat menggugah hati anak bangsa untuk menjauh dari bahaya pengaruh narkoba. Video film pendek itu telah diunggah di Youtube dengan judul ‘Petuah Ramanda’.

“Pesannya adalah apapun permasalahan kita dan seberat apapun itu tidak harus terjerumus ke narkoba. Karena enaknya hanya sesaat dan dapat merusak diri. Apapun yang terjadi kita jangan gegabah untuk bertindak. Dalam arti kita mempersiapkan dan memikirkan dampak apa yang akan kita rasakan serta resikonya harus difikirkan, ” jelas Bram.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Karimun, Alta Petra mengaku bangga dengan siswa siswinya yang telah berhasil mengharumkan nama sekolah yang ia pimpin.

“Saya sangat bangga dengan siswa siswi saya yang meraih prestasi di tingkat provinsi, saya berharap tidak berhenti disini, kami akan berupaya untuk terus berpartisipasi dalam pertandingan sehingga kami dapat kembali berprestasi. Apapun even yang positif tentu SMA 1 sangat mendukung. Kalau anak diarahkan ke hal positif pasti bisa meminimalisir hal negatif sehingga dapat menjauhi bahaya narkoba,”kata Alta Petra.

Perlombaan film pendek dengan tema generasi anti narkoba antar pelajar tingkat SMA se-Kepulauan Riau itu digelar oleh Generasi Penerus Pejuang Merah Putih (GPPMP) yang bekerjasama dengan DPRD Provinsi Kepri dan BNNP Provinsi Kepri.

Reporter : Nichita Bella
Editor : Codet Carladiva