Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Forum Pengembangan Ekonomi Lokal 2019-2022 Dilantik

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq melantik pengurus Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dan Forum Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) Kabupaten Karimun Periode 2019-2022 di Gedung serba guna Balai Nilam Sari, di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Karimun, Selasa (29/10/2019).

Pelantikan diawali dengan laporan panitia pelaksana oleh Sekretaris Baperlitbang Kabupaten Karimun, Ahmadi yang dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Bupati Karimun.

“Dengan adanya Forum Pelaksana TJSP dan Forum PEL diharapkan penyaluran dana TJSP dapat menjadi lebih tepat dan terarah terutama dalam mengembangkan dan meningkatkan sektor ekonomi kerakyatan dengan menjalin kerjasama dan saling mendukung,” ungkap Ahmadi dalam laporannya.

Kemudian dilanjutkan dengan acara puncak yakni Pelantikan oleh Bupati Karimun terhadap 40 Pengurus TJSP dan 73 Pengurus PEL yang ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua Forum Pelaksana TJSP dan Forum PEL Kabupaten Karimun.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Forum Pelaksana Ekonomi Lokal (PEL) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Huzrin Hood. Setelah itu sambutan oleh Wakil Ketua Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Provinsi Kepri Sapri Salisman.

“Seperti yang diketahui bersama, akhir-akhir ini dana pembangunan APBD dan dukungan APBN sedikit berkurang, sementara kebutuhan pembangunan semakin besar. Dengan demikian pelaku usaha atau perusahaan harus memiliki kepedulian sosial dan lingkungan yang kita kenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR). Untuk itu perlu keserasian hubungan para stakeholder yakni masyarakat, pemerintah dan dunia usaha sehingga investasi dapat berjalan secara baik, aman, kondusif dan pada gilirannya dapat memberikan kemakmuran yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” kata Sapri Salisman.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq dalam sambutannya mengapresiasi dengan baik dan sekaligus mengucapkan selamat Atas pelantikan kepengurusan Forum Pelaksana TJSP dan Forum PEL.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Karimun saya mengapresiasi dengan baik dan selamat atas pelantikan kepengurusan Forum Pelaksana TJSP dan Forum PEL yang baru terbentuk. Semoga ini merupakan momentum awal yang baik bagi kita untuk berkontribusi dan mendorong kemajuan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karimun Yang kita banggakan dan langkah positif dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, ” Ungkap Bupati.

Domain swasta dan masyarakat menjadi kunci penggerak roda perekonomian masyarakat. Sinergitas dan kolaborasi ini tidak hanya pada tataran implementasi, namun harus dimulai sejak tahap perencanaan pembangunan.

“Dalam upaya mencapai keberhasilan pembangunan, partisipasi masyarakat mutlak diperlukan yaitu mencakup partisipasi dalam proses pembangunan, partisipasi dalam pertanggungjawaban hasil pembangunan dan partisipasi dalam menerima kembali pembangunan,” Ujar Rafiq

Rafiq juga mengatakan, terbentuknya Forum Pelaksana TJSP Dan Forum PEL adalah dimana perusahaan yang terlibat dalam Forum Pelaksana tanggung jawab Sosial masyarakat dapat memberikan solusi pada pembiayaan pembangunan.

“Selain dapat memberikan solusi pada pembiayaan pembangunan juga dapat menjadi bapak angkat bagi Pelaksana PEL khususnya yang memiliki kontribusi dalam peningkatan Pelaksanaan pemberdayaan ekonomi di Kabupaten Karimun,” tutup Rafiq.

Reporter : Nichita Bella
Editor : Codet Carladiva