Medic Centre Mengajak Warga Karimun Untuk Mencegah Terkena Stroke, Ini Caranya

Karimun, beritakarimun.com – Memperingati hari stroke Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 Oktober mendatang, Pusat Layanan Kesehatan Medic Centre menggelar pemaparan pengetahuan soal stroke kepada masyarakat Karimun.

dr. Rosdiana Lazuardi, SpS. , MKes. yang merupakan dokter Spesialis Saraf kepada beritakarimun.com mengatakan, perkumpulan dokter saraf seluruh Indonesia mengimbau untuk menggaungkan bahwa stroke itu adalah suatu ancaman bagi masyarakat.

“Stroke itu adalah suatu ancaman, dalam arti isu tahun ini bahwa satu dari empat orang itu akan terkena stroke bila kita tidak mencegahnya, skornya akan menjadi satu dari empat orang, itu sangat besar sekali artinya hampir 25 persen dari populasi di dunia berarti akan terkena stroke,” Ungkap dr. Rosdiana.

Rosdiana menjelaskan ada beberapa faktor untuk mencegah datangnya stroke di tubuh manusia.

“Stroke itu bisa dicegah dengan cara mengontrol faktor resiko seperti darah tinggi, kencing manis, kolesterol, kegemukan, dan ada gangguan jantung. Kita juga mengedukasi pasien bahwa mereka harus olahraga, mereka harus mengindar dari merokok dan kontrol kesehatan secara rutin. Kalau kita cegah yakinlah bahwa stroke tidak akan terjadi,” terang Rosdiana.

Menurut dr Rosdiana, dengan olahraga yang terukur dan teratur dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pencegahan stroke pada tubuh.

“Usai berikan pemaparan, kita ajarkan juga senam otak yang fungsinya untuk meningkatkan kapasitas otak, pasien yang mudah lupa, anak-anak yang sulit konsentrasi, serta yang gak bisa fokus, kita juga tadi ajarkan ada lima gerakan dasar untuk senam otak, memaksa otak bekerja memerintah tangannya, memang keliatan nya mudah tapi dalam praktek nya susah, karna otak yang memaksa tangan yang bekerja itu yang kita ajarkan,” ungkapnya.

Untuk pasien yang mengidap penyakit stroke di Karimun, menurut Rosdiana cukup banyak, dalam satu bulan 20 hingga 24 pasien stroke ditanganinya.

Dokter Spesialis Saraf Medic Centre dr. Rosdiana Lazuardi, SpS. , MKes. (Nichita/berita karimun)

“Untuk data di rumah sakit kita di Karimun cukup banyak yang terkena stroke, hampir tiap hari pasti ada kunjungan, apakah itu stroke yang lama kontrol kembali, yang rawat inap saja dalam satu bulan mencapai 20 hingga 24 pasien, bahkan di usia 44 hingga usia 50 tahun pun ada, sayang sekali padahal bisa di cegah. Ayo sama-sama kita cegah dan mengenali gejala awal dari stroke, sehingga bisa secepat mungkin di bawa ke rumah sakit jika terdapat gejala yang sama,” pungkasnya.

Sementara itu, Bambang (67th) sebagai pasien dan sekaligus peserta senam hari stroke Sedunia mengaku senang dengan pelayanan yang diberikan oleh Medic Centre.

” Kita sangat mengapresiasi dengan adanya senam sehat ini, apalagi setelah itu dikasi pemaparan tentang penyakit stroke yang menjadi momok untuk kita yang sudah berumur. Pelayanannya sangat bagus, semoga pengetahuan tentang kesehatan bisa rutin diadakan,” kata Bambang.

Reporter : Nichita Bella
Editor : Codet Carladiva