Kota Batam Juara Umum Kejuaraan Bulu Tangkis Tingkat Provinsi 2019

Karimun, beritakarimun.com – Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Kepri menggelar Kejuaraan Provinsi 2019 di Gedung Olahraga (GOR) Gajah Mada Kecamatan Meral, sejak tanggal 18 hingga 20 Oktober 2019.

Ketua PBSI Provinsi Kepri, Sukriadi kepada beritakarimun.com Sabtu (19/10/2019) Malam mengatakan, Kejuaraan Provinsi yang digelar diawali dari seleksi dari masing-masing Kabupaten Kota.

“Awalnya masing-masing Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Kepri sudah menyeleksi para atlit bulu tangkis yang menjadi handalan untuk diseleksi kembali di tingkat Provinsi yang kita gelar saat ini,” kata Sukriadi

Koordinator Wilayah Sumatera yang mewakili 10 Provinsi itu, mengatakan dalam mencari Kejuaraan bulu tangkis tersebut pihaknya menggunakan kategori sesuai umur dan ada penambahan kategori umum yang ditambah oleh PBSI Kabupaten Karimun.

“Dalam Kejuaraan bulu tangkis tingkat Provinsi ini kita menyediakan 10 Kategori yakni kategori tunggal anak-anak putra U13, anak-anak putri U13, tunggal pemula putra U15, tunggal taruna putra U19, tunggal taruna putri U19, ganda pemula putra U15, ganda remaja putri U17, ganda taruna putra U19, ganda taruna campuran U19, dan ganda dewasa putra atau umum khusus atlit Kabupaten Karimun,” jelas Sukriadi

Sukriadi mengatakan, dalam Kejuaraan tingkat Provinsi yang digelar di Kabupaten Karimun itu, pihaknya melakukan pembinaan terhadap 181 orang atlit yang berasal dari 4 Kabupaten Kota di Kepri.

“Atlit yang kita seleksi berjumlah 181 orang, terdiri dari 177 atlit dengan usia pembinaan dan 64 atlit atau 32 pasang atlit umum yang berasal dari 4 Kabupaten Kota di Provinsi Kepri, Kabupaten Kota lainnya belum bisa ikut mungkin karena terkendala biaya, semoga ke depan bisa ikut berpartisipasi dari seluruh Kabupaten Kota se- Provinsi Kepri,” ujar Sukriadi.

 

Kota Batam Juara Umum Kejuaraan Bulu Tangkis Tingkat Provinsi 2019_2
Kejuaraan Bulu Tangkis Tingkat Provinsi 2019 (Nichita/berita karimun)

Final Kejuaraan Bulu Tangkis Tingkat Provinsi 2019

Kota Batam berhasil kuasai panggung juara umum untuk Kejuaraan Bulutangkis Provinsi Kepri 2019 yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Gajah Mada Kecamatan Meral.

Penyerahan tersebut dilakukan usai babak final yang dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019) Siang, yang dihadiri oleh Ketua (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) PBSI Kepri Sukriadi, Wakil Ketua PBSI Kabupaten Karimun Budi Hartono dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Karimun Jhon Abrison.

Total perolehan medali oleh Kota Batam sebagai juara umum yakni 7 emas, 6 perak dan 10 perunggu.

Meski Kabupaten Karimun belum berhasil meraih juara umum, namun salah satu siswa kelas 7 SMP Mahabodhi Kabupaten Karimun Rowen Gerrick yang berusia 12 tahun kini berhasil mengharumkan nama Kabupaten Karimun karena berhasil meraih juara pertama dengan kategori tunggal anak-anak putra yang saat itu bersaing dengan Hendrick dari Kabupaten Bintan. Rowen juga berhasil meraih medali dengan peringkat ke 4 bersama temannya Reski Triprio dalam kategori U15 ganda putra.

“Senang sekali bisa bertanding di tingkat Provinsi bersama teman-teman dari luar Kabupaten Karimun, seru karena banyak tantangannya, pas lawan Bintan sempat kalah jauh, tapi pas ada teriakan-teriakan dari teman-teman saya, membuat saya tambah bersemangat dan akhirnya menang. Namun yang paling sulit bagi saya melawan teman saya sendiri dari SD 013 bernama Fadlan, menurut saya dia hebat, ” Ujar Rowen

Rowen yang merupakan anak pertama dari dua bersaudara itu berharap kedepan pemerintah Kabupaten Karimun dapat sering adakan pertandingan sehingga bisa banyak pengalaman untuk maju ke Kejuaraan yang lebih tinggi.

“Kita harap nanti ada lagi pertandingan bulu tangkis, Jadi kita bisa terus berlatih. Saya akan buat yang terbaik sehingga bisa menuju ke Kejuaraan tingkat nasional bahkan internasional,” ujar Rowen .

Untuk pemenang kategori umum dimenangkan oleh Budi Hartono bersama timnya M. Zandi dari Polsek Balai Karimun

Berikut nama-nama para pemenang Kejurprov Kepri 2019:

Kategori U13 Tunggal Anak Putra
Juara 1 Rowen Gerrick asal Karimun
Juara 2 Hendrick asal Bintan
Juara 3 Fachry asal Batam
Juara 4 Fakhri Rojaa asal Batam

Kategori U13 Tunggal Anak Putri
Juara 1 Anindya Ramadhani asal Batam
Juara 2 Syifa Abelyanda asal Batam
Juara 3 Abibah Dwi asal Bintan
Juara 4 Sachiko Pretty asal Batam

Kategori U 15 Tunggal Putra
Juara 1 Yuan Widjaya asal Batam
Juara 2 Kharlos daylo asal Batam
Juara 3 Nagatta asal Tanjung Pinang
Juara 4 Arella Putra Matahari asal Batam

Kategori U15 Ganda Putra
Juara 1 Kharlos dan Yuan asal Batam
Juara 2 Nagatta dan Ricky asal Tg. Pinang
Juara 3 Chandra dan Rendy asal Bintan
Juara 4 Riski Triprio asal Karimun

Kategori U17 Ganda Putri
Juara 1 Gisyella dan Ruth asal Batam
Juara 2 Ilsa Avril dan Kimia asal Batam
Juara 3 Nikita dan Putri asal Bintan
Juara 4 Anindya dan Syifa Batam

Kategori U19 Tunggal Putra
Juara 1 Muhammad Nur Azis asal Batam
Juara 2 Satrio Utomo asal Batam
Juara 3 Mohamad Hamdan asal Batam
Juara 4 Ilham Mansyiz asal Bintan

Kategori U19 Tunggal Putri
Juara 1 Ruth Emmanuella asal Batam
Juara 2 Ilsa Avril asal Batam
Jurus 3 Gisyella Mahardika asal Batam
Juara 4 Kimia Pretty asal Batam

Kategori U19 Ganda Putra
Juara 1 M. Hamdan dan M. Nur Azis asal Batam
Juara 2 M. Athadriq dan Satrio asal Batam
Juara 3 Bilal Cahyo asal Bintan
Juara 4 Alfitra dan M. Rozali asal Bintan

Kategori U 19 Ganda Campuran
Juara 1 M.Hamdan dan Gisyella asal Batam
Juara 2 M.Nur Azis dan Ruth asal Batam
Juara 3 Ilham dan Putri asal Bintan
Juara 4 Bilal Cahyo dan Nikita asal Bintan

Kategori Ganda Umum Kabupaten Karimun

Juara 1 Budi Hartono dan M. Zandi dari Polsek Balai
Jurus 2 Ridwan dan Umar dari Meteor
Juara 3 Ijal dan Katab dari Buru
Juara 4 Iwan dan Joko dari Meteor

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva