RSUD Muhammad Sani Tambah 10 Unit Mesin Cuci Darah

Karimun, beritakarimun.com – Cuci darah atau hemodialisis (HD) menjadi salah satu alternatif pengobatan yang cukup efektif terutama bagi para penderita gagal ginjal. Oleh karena itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani kini telah memiliki penambahan mesin cuci darah untuk masyarakat Kabupaten Karimun.

Masyarakat kini tidak perlu lagi rujuk ke rumah sakit luar Karimun untuk cuci darah.

Direktur RSUD Muhammad Sani, dr. Zulhadi membenarkan pihaknya telah penambahan mesin cuci darah sebanyak 10 unit. Sehingga Prosedur cuci darah yang biasanya berlangsung sekitar 2,5 sampai 4,5 jam, dan dilakukan 2-3 kali seminggu itu sudah cukup.

“Sebelumnya pasien yang mau cuci darah sebagian kita rujuk ke Batam, karena mesin cuci darah kita hanya ada 10 unit, tapi sekarang udah 20 unit sehingga pasien cuci darah kita yang saat ini sudah mencapai 80 orang per bulan sekarang sudah bisa terlayani dengan baik,” ujar Zulhadi.

RS Muhammad Sani Tambah 10 Unit Mesin Cuci Darah
Direktur RSUD Muhammad Sani dr. Zulhadi (Codet Carladiva/berita karimun)

Cuci darah adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menggantikan fungsi ginjal akibat kerusakan pada organ tersebut. Selama proses cuci darah, darah akan dialirkan oleh mesin dari dalam tubuh pasien melalui saluran steril dan melewati membran dialisis khusus.

Seperti yang kita ketahui bersama, cuci darah diperlukan bagi seseorang yang sudah menderita kerusakan ginjal yang berat sehingga fungsi-fungsi ginjal tidak dapat berjalan dengan baik. Cuci darah dapat memberikan kesempatan bagi penderita gagal ginjal untuk tetap menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva