Peringati HUT Ke-16, RSUD Muhammad Sani Luncurkan 2 Aplikasi

Karimun, beritakarimun.com – Guna meningkatkan layanan terhadap masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani melakukan peresmian gedung pertemuan dan launching dua aplikasi pada momen ulang tahunnya yang Ke-16 di RSUD Muhammad Sani, Selasa (8/10/2019).

Pada peringatan HUT RSUD Muhammad Sani yang ke-16 itu juga disejalankan dengan HUT Kabupaten Karimun yang Ke-20 yang tepatnya jatuh pada tanggal 12 Oktober, Selaku Direktur RSUD Muhammad Sani, dr. Zulhadi menyampaikan laporan nya tentang inovasi apa saja yang ia programkan pada HUT tahun ini.

“Yang pertama kita melakukan peresmian terhadap gedung pertemuan yang dapat dipergunakan sebagai sarana masyarakat Kabupaten Karimun untuk melaksanakan acara-acara atau kegiatan, gedung dua lantai ini dibangun tahun lalu dan selesai pada awal tahun 2019, lantai satu akan kita buat menjadi kantin dan diatasnya di lantai dua sebagai gedung pertemuan,” jelas Zulhadi.

Selain gedung pertemuan, pihak RSUD Muhammad Sani juga telah memperbesar mushola agar dapat dimanfaatkan sebagai tempat beribadah. Pihaknya juga mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Kesehatan untuk membangun Instalasi Gawat Darurat (IGD)

“Kita telah memperluas mushola yang sebelumnya hanya bisa menampung 30 Jama’ah dan sekarang sudah bisa menampung 120 orang jama’ah. Sementara dari Kementerian Kesehatan kita mendapatkan 5,7 miliar melalui dana Alokasi Khusus (DAK) untuk anggaran 2020 untuk membangun IGD yang baru, IGD sudah sangat kecil dengan penambahan jumlah pengunjung meningkat hingga 30 persen. kita juga mengadakan alat untuk mengolah limbah B3, karena kita punya sudah harus diganti, dan ini juga bisa dimanfaatkan oleh semua puskesmas yang ada di Kabupaten Karimun,” kata Zulhadi.

Kata Zulhadi, dari segi SDM saat ini RSUD Muhammad Sani sebelumnya memiliki 29 dokter spesialis, dan saat ini pihaknya menambah 3 orang dokter spesialis lagi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Karimun.

“Kita juga menambah tiga orang dokter spesialis, yakni dokter spesialis kesehatan kerja, dokter spesialis bedah saraf dan dokter spesialis konservasi gigi,” Ujar Zulhadi.

Pada momen kali ini, pihak RSUD Muhammad Sani juga berkesempatan melakukan launching dua aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dan dokter yang bekerja di wilayahnya.

“Kita melaunching Sistem Informasi dan Radiologi (Sibordi) yang dapat mengurangi biaya pengeluaran terhadap film foto rontgen yang biasanya hingga 500 juta per tahun, kita menggunakan sistem online dan real-time sehingga dari hasil rontgen, hasil ct scan, maupun hasil USG dari radiologi langsung terhubung ke dokter spesialis di Poli, sehingga pasien tidak perlu susah lagi membawa film foto rontgennya, bahkan hasilnya akan dikirimkan ke pasien melalui aplikasi Whatsapp. Datanya juga akan tersimpan di Komputer induk kita. Sekarang film rontgen hanya kita berikan untuk pasien yang akan kita rujuk ke luar Karimun saja sehingga ada penghematan tentunya,” terangnya.

Dengan Aplikasi Sistem Pendaftaran Cepat dan Tepat (Sipencet), kata Zulhadi pihaknya meminimalisir lambatnya pelayanan, sehingga masyarakat dapat terbantu terlebih di zaman teknologi yang sekarang serba canggih.

“Sipencet keunggulannya ialah pada H-1 atau H- 2 sebelum berobat, pasien bisa mendaftarkan dari rumah melalui android, dia bisa memilih jam berapa dia ingin dilayani, misalnya jam 10, petugas kita menyiapkan berkasnya untuk datang jam 10 itu, tapi tentu antrian dipoli tetap ada tapi diminimalisir, dia akan mendapatkan nomor antrian masing-masing. Yang manual tetap kita berlakukan, yang datang paling pagi sekali tetap kita buka untuk manual sama yang datang terakhir, kalau yang ditengah kita sediakan untuk yang mendaftar melalui online, InsyaAllah hari senin depan akan kita realisasikan,” Pungkas Zulhadi.

Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq yang hadir pada acara peresmian gedung pertemuan dan launching dua aplikasi itu mengucapkan terimakasih serta sangat mengapresiasi terhadap berbagai inovasi yang telah dilakukan dalam berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Karimun.

“Kalau kita lihat, selama 16 tahun keberadaannya , RSUD Muhammad Sani terus melakukan upaya peningkatan, dalam rangka melakukan trobosan dan inovasi untuk bagai mana bisa berikan pelayanan yang baik. Kami sangat berterimakasih dan sangat mengapresiasi, semoga itu terus berkesinambungan. Sehingga masyarakat Kabupaten Karimun bisa merasakan upaya kita untuk memberikan pelayanan terbaik yang menuju kesempurnaan,” ungkap Bupati Rafiq.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva