TNI Tanjung Balai Karimun Tanam 5000 Batang Mangrove

Karimun, beritakarimun.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Republik Indonesia (RI) yang Ke-74, TNI Karimun lakukan penanaman sebanyak 5000 bibit Mangrove di Dusun Pelambung, Desa Pangkat Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, Senin (7/10/2019).

Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro mengatakan, penanaman mangrove ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Kegiatan penanaman mangrove ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, ini adalah salah satu bagian kegiatan yang dipusatkan di Taman Eko Wisata Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara, rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 74 TNI yang di pusatkan di Jakarta yang dipimpin langsung oleh bapak Panglima TNI,” ungkap Catur Yogi.

Catur Yogi mengatakan, untuk di Kabupaten Karimun pihaknya tidak hanya melibatkan TNI dalam melakukan kegiatan yang amat bermanfaat untuk anak cucu di masa yang akan datang.

“Untuk di Tanjung Balai Karimun ini kita melibatkan dari Pemerintah Daerah yang didampingi langsung oleh Bapak Bupati Karimun, Ketua DPRD Kabupaten Karimun, dari unsur TNI yakni Lanal dan Kodim, dari Kepolisian bapak Kapolres, dari instansi maritim yang ada di sini, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat, kegiatan ini juga didukung oleh PT Timah Wilayah Operasi Kepri dan Riau, Total keseluruhan sekitar 300 peserta,” Ujar Catur Yogi.

Menurut Catur Yogi, penanaman mangrove yang pihaknya lakukan merupakan salah satu upaya penghijauan di suatu wilayah Pesisir.

“Kenapa mangrove, karena mangrove ini merupakan salah satu upaya penghijauan kita di Desa pesisir. Di pesisir kita ini sudah mulai rentan terhadap abrasi karna faktor cuaca. Diharapkan kita bisa menyelamatkan garis pantai kita supaya tidak terkikis, seperti yang kita ketahui bersama juga bahwa di Kabupaten Karimun ini berbatasan langsung dengan negara tetangga,” Jelasnya.

Dalam perayaan HUt TNI yang Ke-74 ini, pihaknya telah melewati berbagai rangkaian acara di Kepri.

“Untuk di Karimun kita pusatkan di Pelambung, dulu pernah di Pasir Panjang dan di Coastal Area, bibit yang kita dapat berasal dari Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun.Untuk HUT TNI kali ini kita sudah melewati beberapa rangkaian di Kepri, kita sudah laksanakan parade dan defile yang dipusatkan di Lapangan Engku Putri Batam dan dilanjutkan dengan Pameran Alutsista yang ada dijajaran wilayah Kepulauan Riau,” katanya.

Sementara itu, Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq mengucapkan apresiasi terhadap upaya pihak TNI dalam penghijauan yang sejalan dengan program pemerintah daerah Kabupaten Karimun.

“Tentunya Pemerintah Daerah dalam hal ini memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih karena kegiatan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari kegiatan-kegiatan pemerintah dan masyarakat untuk melestarikan ekosistem lingkungan hidup khususnya di daerah pesisir, yang jelas apa yang dilakukan oleh TNI ini sejalan dengan program pemerintah,” Ungkap Bupati Rafiq.

Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Karimun, Aunur Rafiq mengucapkan selamat hari ulang tahun untuk TNI yang ke -74 khususnya kepada TNI yang ada di Kabupaten Karimun.

“Kami mengucapkan selamat hari ulang tahun kepada TNI, semoga TNI semakin jaya, semakin kuat, semakin menyatu dengan rakyat dan masyarakat.menurut saya TNI Polri yang ada di Kabupaten Karimun telah banyak berbuat dalam rangka menjaga kamtibmas, menjaga teritorial keamanan di Kabupaten Karimun,” Ujar Rafiq.

Rafiq berharap, dengan apa yang sudah ditanam kali ini dapat melestarikan ekosistem di Kabupaten Karimun.

“Apa yang sudah kita lakukan ini diharapkan kita jaga bersama-sama, mudah-mudahan ke depan secara perlahan untuk melestarikan ekosistem ini kita lakukan penghijauan-penghijauan penanaman mangrove di titik-titik yang sudah ditentukan sesuai dengan tata ruang kita, ” tutup Rafiq.

 

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva