KSOP Tbk Segera Terapkan Inaportnet di Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun kembali berinovasi dengan menggelar Sosialisasi Penerapan ‘Inaportnet’ yang merupakan sistem layanan tunggal berbasis internet/web di Hotel Aston, Kamis (26/9/2019).

Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Ir. Junaidi, MM mengatakan Inaportnet mengintegrasikan Sistem informasi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Simlala), sistem informasi kepelabuhan, sistem informasi perkapalan dan Kepelautan serta Sistem Informasi Vessel Management System (VMS) pada Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelindo I dalam pelayanan kapal dan barang, termasuk integrasi dengan sistem layanan institusi dan pemangku kepentingan yang terkait di Pelabuhan.

KSOP Tbk Terapkan Inaportnet di Karimun
Sosialisasi Penerapan Inaportnet oleh KSOP kelas I Tanjung Balai Karimun (Codet Carladiva/berita karimun)

“Aplikasi Inaportnet tentu akan meningkatkan pelayanan kapal dan barang menjadi semakin cepat, mudah, lancar, transparan dan akurasi data, sehingga diharapkan akan membantu kelancaran distribusi barang serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan Kepri pada umumnya dan Tanjung Balai Karimun,” Ungkap Junaidi.

Kata Junaidi, dengan Implementasi Inaportnet, pelayanan kapal mulai dari permohonan kedatangan kapal, kapal masuk, pemanduan, kegiatan bongkar muat hingga kapal keluar meninggalkan pelabuhan dapat dilakukan secara online.

“Oleh karenanya, diperlukan adanya sinergitas antara Regulator, Operator, pengguna jasa seperti perusahaan/agen pelayaran, Perusahaan Bongkar Muat (PBM) dan Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (UPT) TKBM serta institusi dan stakeholder terkait di Pelabuhan,” kata Junaidi.

Junaidi mengatakan, sosialisasi Inaportnet ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan fakta integritas, penerapannya dilaksanakan di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada tanggal 18 Agustus 2017 lalu.

“Kita datangkan Tim dari Kantor Pusat Ditjen Hubla Pustikom Kemenhub dan Tim IT Ditlala untuk memberikan sosialisasi kepada pelaksana Inaportnet di KSOP TBK, Petugas Tim Pelindo I Cabang TBK dan para pengguna jasa dalam hal ini Perusahaan Pelayaran atau Agen Pelayaran, Perusahaan Bongkar Muat (PBM) dan Perusahaan Pengurusan Jasa Transportasi (JPT),” ujar Junaidi.

Untuk aplikasi sistem Inaportnet tersebut sudah diterapkan di 17 Pelabuhan yang ada di Indonesia.

“Sudah diterapkan di 17 pelabuhan di Indonesia, yakni di KSOP Kelas II Cirebon, KSOP Kelas III Pulau Baai, KSOP Kelas IV Pangkal Balam, KSOP Kelas III Talang Duku, KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, KSOP Kelas II Cilacap, KSOP Kelas II Benoa, KSOP Kelas II Ternate, KSOP Kelas II Samarinda, KSOP Kelas II Kendari, KSOP Kelas II Bontang, KSOP Kelas II Jayapura, KSOP Kelas Insecta Tanjung Balai Karimun, KSOP Kelas I Tanjung Pinang, KSOP Kelas III Pekanbaru, KSOP Khusus Batam, dan KSOP Kelas III Kota Baru,” Jelas Junaidi

Keberhasilan penerapan sistem Inaportnet ini akan sangat bergantung dengan komitmen, kerjasama dan koordinasi antara pihak-pihak yang terkait, Junaidi berharap komunikasi dan koordinasi harus senantiasa dilakukan dengan baik, mengingat masih perlu adanya penyesuaian baik pada sisi pengguna atau aplikasi.

“Saya berharap kepada seluruh pihak dan stakeholder agar dapat mengikuti sosialisasi dengan sungguh-sungguh, dan semoga dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien sehingga dapat mencapai kesuksesan dalam penerapan yang kita targetkan untuk berjalan pada bulan November 2019 mendatang, ” tutup Junaidi.

 

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva