Kanwil DJBC Kepulauan Riau Launching Aplikasi Bea Cukai Kepri Online

Karimun, beritakarimun.com – Menghadapi perkembangan industri 4.0, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri melaunching Aplikasi ‘Bea Cukai Kepri Online’ atau disingkat menjadi ‘Beken’, Kamis (19/9/2019).

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Agus Yulianto menjelaskan maksud dari pihaknya melaunching aplikasi Beken yang baru pertama diluncurkan di seluruh Kanwil yang ada di Indonesia.

“Dengan semangat yang sama untuk mendukung konektivitas DJBC dan stakeholder di wilayah Kepulauan Riau dalam menghadapi perkembangan industri 4.0, kita mencanangkan penyusunan aplikasi Bea Cukai Kepri Online atau yang disingkat dengan Beken untuk menunjang pelayanan dan pengawasan Kepabeanan dan Cukai,” ujar Agus

Menurut Agus, aplikasi yang diluncurkan tersebut sebagai bentuk keterbukaan informasi publik terkait laporan atau kegiatan yang telah dilaksanakan oleh instansi pemerintah dalam hal ini pada Kanwil DJBC Khusus Kepri dan satuan kerja dibawahnya yaitu KPPBC TMP B Tanjung Pinang, KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun dan Pangkalan Sarana Operasi Tipe B Tanjung Balai Karimun.

“Ini sebagai bentuk kecepatan penyebaran informasi baik untuk Pejabat/Pegawai pada Lingkungan Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau dan seluruh masyarakat, juga merupakan tuntutan pengguna jasa/stakeholder di lingkungan Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau untuk dapat meningkatkan pelayanan yang cepat dan efektif,” tambah Agus.

Agus juga menjelaskan fitur-fitur aplikasi yang ada dalam aplikasi Beken tersebut.

“Didalamnya ada kumpulan data serta e-book terkait Kepabeanan, Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, ada konten berita berupa running text tentang kegiatan-kegiatan yang sudah atau sedang dilakukan, konten capaian penerimaan Negara oleh Kanwil DJBC Khusus Kepri dan satker dibawahnya,” Kata Agus

Agus mengatakan, dalam aplikasi tersebut juga ada Konten data capaian penindakan dan penyidikan kanwil DJBC Khusus Kepri, serta Konten Kalkulator Pabean yang dapat digunakan untuk mengitung perkiraan pajak-pajak dan bea masuk yang harus dibayar dalam rangka impor oleh pengguna jasa .

” Ada juga Konten E-Survei Pengguna Jasa bagi pengguna jasa yang menggunakan jasa layanan kepabeanan dan cukai di lingkungan Kanwil DJBC Khusus Kepri, juga fitur buku tarif kepabeanan Indonesia 2017 dimana masyarakat yang menjadi pengguna jasa dapat lebih mudah dalam melakukan self-assessment yang kemudian akan diteliti lebih lanjut oleh petugas bea dan cukai, ” jelas Agus.

Tidak hanya itu,nAgus menambahkan fitur kritik, saran dan Pengaduan masyarakat serta Fitur Frequently Asked Questions (FAQ) untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kepabeanan dan cukai juga tertera dalam Aplikasi tersebut.

Kanwil DJBC Kepulauan Riau Launching Aplikasi Bea Cukai Kepri Online
Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri Agus Yulianto bersama Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq, Sekda Kabupaten karimun Dr M Firmansyah, Ketua DPRD Karimun M yusuf Sirat dan kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Ir. Junaidi (Nichita/berita karimun)

Sementara, Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq mengapresiasi atas apa yang telah dicanangkan oleh pihak Kanwil DJBC Khusus Kepri.

“Kami mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karimun sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dicanangkan oleh pihak Kanwil DJBC Kepri, apalagi di Indonesia baru Kanwil DJBC Kepri yang melaunching aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat tentunya,” kata Bupati Rafiq.

Bupati Rafiq mengaku bangga terhadap inovasi yang dapat membangun zona bebas pungli dan KKN.

“Ini merupakan inovasi yang sangat bagus untuk melakukan trobosan dalam rangka kepabeanan, selain dapat memberikan info yang cepat dan akurat, juga dapat membangun wilayah bebas pungli KKN dan sebagainya, semoga bisa menjadi percontohan untuk wilayah lainnya,” tutup Rafiq.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva