JKKD Malaysia: Pelabuhan Kukup Tutup Sementara dan Akan Beroperasi Januari 2020

Karimun, beritakarimun.com – Jawatan Kuasa Keselamatan Daerah (JKKD) Pontian, Malaysia, membantah kabar yang beredar terkait penutupan selamanya, pelabuhan ferry penyebrangan antar dua negara, Kukup Malaysia dan Tanjung Balai Karimun, Indonesia.

Menurut Kepala JKKD Pontian, Malaysia, Zulkifly bin Haji Mohd. Tahir, penutupan pelabuhan Kukup Malaysia hanya sementara.

“Pelabuhan Kukup kita tutup sementara, karena pemegang Posisi jabatan tertinggi di pelabuhan itu telah ditamatkan,” kata Zulkifly bin Haji Mohd. Tahir kepada beritakarimun.com,  saat melakukan kunjungan ke kerja di Kabupaten Karimun, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga: Beredar Kabar Pelabuhan Kukup Malaysia Akan Ditutup

Zulkifly, menjelaskan pelabuhan Kukup Malaysia saat ini sedang dalam perbaikan dan direncanakan akan beroperasi kembali apda Januari 2020 mendatang.

“Kini pelabuhan Kukup telah berganti, saat ini sedang buat persiapan semula dari segi perbaikan, InsyaAllah akan kite jalankan pada bulan Januari tahun 2020,” kata Zulkifli

Zulkifly juga mengatakan jika pelabuhan Kukup sudah beroperasi, pihaknya akan memperketat jalur transportasi laut. Dimana peredaran narkotika di dua negara Malaysia dan Indonesia kian marak keluar masuk.

“Bile sudah dioperasikan, kite akan lakukan pengetatan, alat deteksinya dan personilnya di sana akan lebih hati-hati, khususnya untuk barang yang keluar dan masuk ke Karimun, untuk sementara pelabuhan dari Malaysia ke Karimun dialihkan ke pelabuhan Puteri Harbour, Johor Malaysia , ” ujar Zulkifly.

Sebelumnya, pemerintah Jabatan Laut Malaysia ibu pejabat laut wilayah selatan, 81560 Gelang Patah telah mengeluarkan kebijakan penutupan terhadap Pelabuhan ferry, kukup malaysia, terhitung setelah 31 Agustus 2019.

 

 

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva