Terkait Abrasi Pantai Pongkar, Ini Kata Kadis Pariwisata Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Abrasi yang terjadi di Pantai Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun, pada hari Minggu 8 September 2019, sangat memprihatinkan. Sejumlah pohon dan sarana pantai ambruk dan terlihat rusak berat.

Pantai Pongkar yang semula indah dan menawan kini porak poranda seperti usai dihantam badai Tsunami.

Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun, Zamri saat ditemui di kantornya mengatakan sulit untuk berbuat banyak dalam melakukan pembenahan di pantai Pongkar. Dikarenakan, lahan pantai Pongkar bukan milik pemerintah melainkan milik masyarakat setempat.

“Untuk pantai Pongkar belum sama sekali kita bebaskan karena pemilik lahan tidak mau, berbeda dengan pantai Pelawan, pantai Pelawan yang bagian sebelah kanan itu sudah milik Pemerintah Daerah, sudah kita bebaskan, dengan menggunakan dana dari Kementerian yakni dana DAK pusat, selama dua tahun berturut-turut kita sudah bisa buat perubahan, dan kita bisa fokus untuk membangun,” ungkap Zamri kepada beritakarimun.com, Selasa (10/9/2019) Sore.

Baca Juga: Pantai Pongkar Porak Poranda di Hantam Abrasi

Saat disinggung, apakah Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun selaku Pemerintah Daerah (Pemda) telah melakukan musyawarah dengan warga setempat terkait pantai Pongkat, Zamri mengatakan akan berkoordinasi dengan masyarakat pemilik lahan pantai Pongkar.

“Mungkin untuk sementara ini kita akan coba koordinasi dulu terutama dengan Kepala Desa sendiri dan yang punya lahan, kalau mereka mengizinkan kita coba nanti bagai mana ke depan untuk mengantisipasi. Kita akan mencari solusi, mungkin dengan meminta bantuan terhadap perusahaan yang ada di daerah sekitar untuk pengadaan batu miring, sehingga abrasi yang terjadi tidak semakin parah,” ujar Zamri.

 

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva