Peserta Pawai Muharram Penuhi Coastal Area Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Belasan ribu peserta yang terdiri dari Santri, Guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dan orang tua santri di Kabupaten Karimun bersemangat mengikuti pawai Muharram 1441 H yang digelar Badan Musyawarah Pengurus Guru Taman Pendidikan Al Quran (BMPG TPQ) Kabupaten Karimun di Jalan Coastal Area, Tanjungbalai Karimun, Minggu (8/9/2019) pagi

Tak hanya santri, guru TPQ dan orang tua santri yang hadir di kegiatan tersebut. Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq, Wakil Bupati karimun Anwar Hasyim, Ketua DPRD Karimun M Yusuf Sirat, Kepala Kemenag Karimun Zamzuri dan Ketua BMPG TPQ Kabupaten Karimun Ustadz Zaini juga turut hadir dalam pelepasan Pawai Muharram tersebut.

“Jumlah peserta pawai Muharram 1441 H ini sebanyak 4.912 siswa dan guru TPQ. Namun, jika dihitung dengan seluruh orang tua santri yang turut mengikuti pawai tersebut, jumlahnya mencapai 15 ribuan orang. Ini memang sangat luar biasa,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq usai pelepasan pawai Muharram.

Pawai Muharram tersebut diketahui murni dari swadaya pengurus BMPG TPQ Kabupaten Karimun dan dibantu oleh para donatur yang sifatnya tidak mengikat. Bupati Rafiq sangat berterima kasih kepada BPG TPQ Kabupaten Karimun karena telah berupaya menggelar acara semeriah ini.

“Kami mengucapkan terima kasih, karena kegiatan ini bersifat swadaya dari pengurus BMPG TPQ yang dibantu oleh para donatur yang tidak mengikat sifatnya. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun,” ujar Aunur Rafiq.

Bupati Rafiq dalam kesempatan itu mengatakan, tujuan dilaksanakan pawai Muharram itu adalah untuk memberi semangat dan membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan serta syiar agama Islam serta dalam rangka membina anak-anak di Karimun agar memiliki akidah dan akhlak yang baik hingga tercipta generasi qur’ani.

Sementara, Ketua BMPG TPQ Kabupaten Karimun, Ustadz Zaini menambahkan, dasar dilaksanakan pawai Muharram adalah karena 1 Muharram selain sebagai tahun baru Islam juga ditetapkan sebagai hari besarnya TPQ. Menurutnya, puncaknya kegiatan TPQ memang dimulai dari 1 Muharram. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Moro dan Kecamatan Belat.

“Jumlah TPQ di Karimun sebanyak 394 dengan jumlah guru 1.613 guru dan 20.128 santri. Ini merupakan aset paling besar bagi Karimun dalam rangka mencetak generasi yang InsyaAllah menjadi generasi beriman di masa yang akan datang, ke depan sebaiknya syiar-syiar agama harus dimunculkan ke permukaan. Sebab, pengaruh negatif makin berkembang setiap tahun,” tutup Zaini.

 

 

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva