Pantai Pongkar Porak Poranda di Hantam Abrasi

Karimun, beritakarimun.com – Gelombang serta air pasang yang tinggi, pantai pongkar yang terletak di Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun mengalami abrasi yang dahsyat.

Sejumlah pohon serta sarana pantai, Minggu (8/9//2019) siang, tampak ambruk akibat hempasan gelombang yang begitu besar hingga mengikis sepanjang pantai Pongkar.

Pantai Pongkar yang dikenal dengan pasirnya yang putih, pepohonan yang sungguh menawan serta sarana yang ditata rapi , Minggu 8 September 2019 tampak seperti usai dilanda Tsunami.

Melihat kondisi pantai Pongkar porak poranda, Pengurus DPP JANTAN (Jaringan Anak Tempatan), Kecamatan Tebing, Erwient mengatakan pihak pemerintah terkait atau para pengelola pantai harus segera membenahi dan jika diperlukan ia akan mengajak para relawan untuk bergotong royong membantu untuk membenahi pantai Pongkar.

“Segera dibenahi, jika tidak kasian masyarakat, akibat dari hal ini pantai pongkar jadi sepi pengunjung, jika dilihat secara mata kasat, ini naiknya permukaan laut bibir pantai semakin meluas, tapi paling tidak saat ini yang harus dilakukan harus dibenahi dululah, seperti material-material dan juga pohon-pohon ini harus kita bersihkan dulu, kepada pengelola pantai, kalau dibutuhkan kerjasama banyak relawan-relawan turun untuk membantu untuk membenahi pantai pongkar sendiri,” ujar Erwient kepada beritakarimun.com.

Erwient juga mengatakan dalam hal ini ia berharap pihak pengelola pantai dan pemerintah terkait harus segera mendapatkan solusi dalam waktu cepat terkait abrasi di pantai Pongkar.

Pantai Pongkar Porak Poranda di Hantam Abrasi
Pengurus DPP JANTAN Kecamatan Tebing, Erwient (Codet Carladiva/berita karimun)

“Dalam hal ini kita tidak perlu mencari siapa yang salah baik pihak pengelola maupun pihak pemerintah terkait, sebaiknya kita sama-sama carikan langsung solusinya, solusi abrasi ini ada dua faktor, kalau memang mau solusi jangka panjang mungkin kita bisa sama-sama menanam pohon-pohon magrove, jangka pendeknya untuk mengatasi agar tidak terjadinya abrasi berkepanjangan seperti ini mungkin bisa dibangun atau dibuat pemecah pantai.

Menurut Erwient, pihak pengelola maupun pemerintah terkait harus peka terkait persoalan abrasi yang terjadi di pantai Pongkar, jangan sampai juga ada korban akibat abrasi ini.

“Masyarakat was-was, kita tidak tau kapan abrasi kembali terjadi lagi, bahkan mungkin bisa mengakibatkan kecelakaan dampaknya berbahayalah bagi masyarakat dibibir pantai,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator bidang Pariwisata DPD KNPI Kabupaten Karimun, Raja Muhamat Taufik mengatakan pemerintah Daerah khusunya Dinas pariwisata Kabupaten Karimun agar segera tanggap terkait kondisi pantai Pongkar.

Pantai Pongkar Porak Poranda di Hantam Abrasi
Kondisi pantai Pongkar usai dihantam abrasi (Codet Carladiva/berita karimun)

“Kita berharap kepada dinas pariwisata Kabupaten Karimun harus segera cepat tanggap terkait persoalan abrasi pantai pongkar ini, karena sangat memprihatinkan kondisi pantai seperti ini, kita lihat kondisi pantai terlihat kotor dan semak harus diadakan perapian dengan segera,” ujarnya.

Menurut Taufik pihak pemerintah terkait harus memikirkan antisipasi agar abrasi tidak lagi terjadi.

“Kita harapkan kedepan untuk dapat mengantisipasi, memang ini faktor alam tapi kan kita bisa antisipasi dengan cara perbanyak pemecah ombak, kalau kita membuat tembok miring saya rasa tidak bisa dasar bawahnya pasir laut jadi apabila terkena ombak tentu akan terjadi kembali,” tutup Taufik.

 

 

 

Editor: Codet Carladiva