Tanjung Balai Karimun Resmi Terapkan E-Ticketing Untuk Penumpang Kapal

Karimun, beritakarimun.com – Tercatat sebagai pelabuhan terpadat nomor dua Se-indonesia, Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun berinovasi dengan menggelar launching pembelian tiket berbasis android yang disebut E-ticketing.

Program E-ticketing yang diresmikan oleh Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq digelar di halaman Kantor KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Jum’at (6/9/19) pagi.

Peresmian tersebut ditandai dengan suara sirine yang dibunyikan secara bersamaan oleh Bupati Karimun, Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Kepala Kanwil DJBC Kepri, Kepala Karantina Karimun, Kadis Perhubungan Kabupaten Karimun, Perwakilan Kantor Imigrasi Karimun dan perwakilan dari TNI AL TBK.

Kepala KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, Junaidi menjelaskan terkait program yang ia gagas, yang diketahui merupakan program pertama di Provinsi Kepulauan Riau.

“Sesuai data pergerakan penumpang naik turun pasca angkutan lebaran tahun 2019, di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun tercatat pada Sistem Informasi Angkutan dan sarana Transportasi (Siasati) Kementerian Perhubungan, tercatat jumlah penumpang selama periode angkutan lebaran 2019 sebanyak 476.371 orang dan merupakan pelabuhan terpadat kedua di Indonesia yang melayani angkutan penumpang setelah KSOP Khusus Batam dengan jumlah penumpang naik turun 518.640 orang, ” ungkap Junaidi

Junaidi mengatakan, kondisi saat ini pelayanan tiket penumpang kapal masih dilakukan secara manual, dan pembelian tiket di loket-loket yang disediakan oleh operator kapal. Hal ini sering terjadi penumpukan dan antrian untuk mendapatkan tiket terutama pada saat peak season, serta masih berpotensi terjadinya perbedaan jumlah penumpang diatas kapal dengan manifest.

“Kita bermaksud memperbaiki dan membenahi pelaksana, pengaturan dan pelayanan penumpang di Terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Tujuannya untuk memberikan panduan mengenai tata cara pelayanan kepada penumpang kapal, memberikan kemudahan bagi calon penumpang dan menghilangkan potensi ketidak sesuaian manifest kapal dengan jumlah penumpang yang diangkut diatas kapal, serta meningkatkan kualitas pelayanan aspek keselamatan kapal dan kenyamanan pelayaran, ” jelas Junaidi

Junaidi juga mengatakan, ia bermaksud memberi kemudahan pembelian tiket berbasis android di terminal penumpang di pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

“Manfaatnya dapat memberikan kepastian bagi para calon penumpang untuk mendapatkan seat di kapal sesuai yang dikehendaki, dapat memberikan kemudahan untuk memperoleh tiket dan tidak harus berdesakan antri di loket. Sementara untuk perusahaan angkutan laut sebagai operator kapal, dapat memudahkan dalam pengecekan jumlah penumpang kapal sehingga sesuai dengan manifest kapal, meningkatkan aspek keselamatan kapal, serta mengurangi biaya operasional perusahaan, ” Ujar Junaidi.

Sementara itu, Bupati Karimun Dr Aunur Rafiq memberikan apresiasi dan tahniah kepada KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun yang terus berinovasi demi kepentingan dan kemudahan Masyarakat Kabupaten Karimun.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Karimun dan atas nama masyarakat Kabupaten Karimun saya mengucapkan tahniah dan apresiasi kepada Kantor KSOP kelas Insecta Tanjung Balai Karimun yang menggagas program E-ticketing yang hanya satu-satunya di Kepri, ini merupakan suatu bentuk kemudahan untuk kita mendapatkan fasilitas pelayaran, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat kita, kita sangat menyambut baik, ” ungkap Rafiq.

 

 

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva