Kunjungan Kerja di Karimun, Plt Gubernur Kepri Sambangi 4 PT

Karimun, beritakarimun.com – Sebagai bentuk ketegasan dan keseriusan, Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto melakukan kunjungan ke 4 Perseroan Terbatas (PT) yang ada di Kabupaten Karimun, Rabu (14/8/2019).

Isdianto yang baru sebulan ditetapkan sebagai Plt Gubernur Kepri itu berkeliling Karimun untuk memastikan nasib anak tempatan Kabupaten Karimun, ia bersama-sama dengan rombongan dari pemerintah Provinsi Kepri dan pemerintah Kabupaten Karimun melakukan pengecekan sejauh mana keadaan tenaga kerja anak tempatan di setiap perusahaan.

“Gambaran secara umum, Alhamdulillah semua perusahaan sudah memenuhi kewajibannya sebagai investor untuk tenaga kerja kita, meski masih ada beberapa yang perlu diperbaiki lagi,” ungkap PLT Gubernur kepri Isdianto saat ditemui usai kunjungan di rumah dinas Bupati Karimun.

Isdianto menegaskan kepada pihak perusahaan untuk melaksanakan kewajiban dan bertanggungjawab atas para pekerja.

“Jangan sampai pihak perusahaan terlalu memaksakan kehendak namun kewajiban tidak dipenuhi, seperti menetapkan waktu jam kerja yang berlebihan,” ujar Isdianto.

Namun dengan demikian, Isdianto sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan yang masih tetap bersemangat untuk berkontribusi di Kabupaten Karimun.

Kunjungan Kerja di Karimun, Plt Gubernur Kepri Sambangi 4 PT_2
Plt Gubernur Kepulauan Riau Isdianto (Nichita/berita karimun)

“Tapi secara keseluruhan kita juga sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan, karena disaat keadaan ekonomi kita yang sedang lesu begini mereka masih bertahan di tempat kita, ini yang perlu kita jaga. Mereka sangat respon kepada anak tempatan kita, cuma saja kita tau lah anak tempatan kita ada yang sudah profesional dan ada yang belum. Maka dari itu baik pemerintah daerah dan pengusaha itu sendiri, kalau bisa anak kita itu dilatih diberi pembelajaran tentang apa yang harus dilakukan,dibekali ilmu yang pas karna kita berharap perusahaan jangan lagi mengambil orang-orang luar terlalu banyak, kita berharap anak lokal semakin mahir dan anak lokal lebih banyak yang bekerja di perusahaan dari pada pendatang,” jelas Isdianto

Terkait permasalahan safety, menurut Isdianto perusahaan yang ada di Kabupaten Karimun sebagian besar sudah sangat bagus.

“Tadi saya lihat terkait kecelakaan kerja yang pernah terjadi, tanggung jawab pihak perusahaan luar biasa, sefty mereka saat bekerja juga oke, ada perusahaan memang yang kita temui tidak terlalu serius, tapi sebagian besar bagus-bagus, hanya perlu sedikit pembenahan. Terkait masalah BPJS para pekerja, saya sudah meminta kadisnaker Kabupaten Karimun dan Provinsi untuk mengecek seperti apa dan laporkan ke saya. Jika ada perusahaan yang membandel, tentu kita ikut aturan yang berlaku,” ujar Isdianto.

Dengan ini, Isdianto berharap para pengusaha untuk tetap bersinergi dengan pemerintah agar tahu apa yang menjadi kelemahan-kelemahan sehingga dapat teratasi bersama.

Dalam kunjungan kerja plt. Gubernur kepri, ke PT. KMS, PT. MOS, PT. Saipem dan PT. Sembawang, ia didampingi Sekda Provinsi Kepri, Bupati Karimun Aunur Rafiq, FKPD dan beberapa Kepala Dinas Pemkab Karimun.

 

 

 

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva