Viral FaceApp, Wajah Netizen Mendadak Jadi Tua

Karimun, beritakarimun.com – Aplikasi pengganti atau filter wajah dalam beberapa tahun terakhir marak beredar di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store. Yang terbaru dan tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah FaceApp.

FaceApp sendiri, bisa diunduh secara gratis di kedua toko aplikasi tersebut dan juga bisa digunakan cuma-cuma, walau ada versi berbayarnya. Untuk mengunduhnya pun tak memerlukan waktu lama karena ukuran file-nya tidak terlalu besar.

Aplikasi buatan developer asal Rusia, Wireless Lab, ini memungkinkan Anda untuk mengedit wajah ke dalam beberapa rupa atau ekspresi. Sedikitnya ada tujuh filter yang dihadirkan di dalam aplikasi ini, yaitu smile, smile 2, spark, old, young, female, dan male.

Dalam keterangannya, Wireless Lab menyebut bila FaceApp ini menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk memodifikasi wajah dalam foto apapun dan membuatnya terlihat nyata.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini Anda bisa mengandalkan foto yang ada di dalam gallery atau mengambil ulang dengan menggunakan kamera depan. FaceApp akan langsung mendeteksi koleksi di dalam gallery yang menampilkan wajah secara utuh. Tapi Anda juga bisa untuk menggunakan foto lain.

Setelah memilih foto, Anda bisa menggunakan kolase yang disediakan atau memilih untuk menggunakan satu dari tujuh filter secara terpisah. Bila sudah, Anda bisa langsung men-share foto tersebut untuk aplikasi lainnya atau dapat pula menyimpannya terlebih dahulu.

Secara keseluruhan, aplikasi FaceApp terbilang cukup bagus dalam memodifikasi wajah. Bahkan untuk filter senyum, foto terlihat sedikit natural, seolah Anda benar-benar foto dalam keadaan tersenyum. Cocok untuk memodifikasi wajah yang tidak tersenyum ketika foto.

Akibat aplikasi ini, tagar #FaceAppChallenge merajai di sosial media seperti Twitter, Instagram dan Facebook.

 

 

 

 

Editor: Viola Putri