Puncak Arus Mudik Lebaran Diprediksi pada H-7

Karimun,beritakarimun.com – Puncak Arus mudik tahun 2019 di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun di prediksi akan terjadi pada H-7 jelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pelaksana Harian Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Balai Karimun Capten Mozes Imannuel Karaeng mengatakan, mengantipasi hal tersebut pihaknya telah mempersiapkan sarana dan Prasarana di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

“Kita akan atur dan kita buat posko serta tenda untuk ruang tunggu agar dapat menampung penumpang yang lebih banyak lagi. Termasuk juga menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana,” ujar Mozes usai menggelar Apel Pasukan Penyelanggaran Arus Mudi Lebaran 2019 di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Senin (20/5/2019).

Selain itu, pihaknya juga memastikan kesiapan penambahan armada jika terjadi lonjakan penumpang yang signifikan.

“Kita prediksi Puncaknya H-7 hinga H-5. Kita akan mengatur kuota kapal-kapal transit juga serta akan penambahan armada sesuai rapat yang telah kita bahas sebelumnya bersama pihak terkait, dan dari pihak purusahaan pelayaran juga sudah menyiapkan armada tersebut,” ungkapnya.

Sementara Arus Mudik Tahun 2019, kata Mozes, diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang hingga 4 persen. Artinya, pada tahun ini penumpang akan meningkat hingga 305.208 jiwa.

Jika dibanding pada tahun 2018 lalu, untuk penumpang turun sebanyak 158.271 naik menjadi 164.602 pada tahun ini. Sementara penumpang naik total penumpang mencapai 146.937 naik menjadi 152.814 jiwa.

“Pemantauan terhadap Arus penumpang ini akan terus kita lakukan, dengan berkoordinasi bersama pihak-pihak terkait di Pelabuhan, sehingga diharapkan angkutan mudik tahun ini akan memuaskan bagi masyarakat,” tutupnya.

 

 

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva