Yuk, Berburu Jajanan Takjil Ramadhan di Karimun

Karimun,beritakarimun.com – Berburu takjil seakan menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia khususnya di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, mempersiapkan menu untuk santap berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Ada sejumlah nama tempat pasar takjil Ramadhan yangs etiap tahunnya selalu ramai dikunjungi masyarakat setempat. Jajanan yang jual beraneka macam dari rasa manis hingga asin.

Berikut nama tempat pasar takjil Ramadhan di Kabupaten Karimun yang ramai dikunjungi warga:

1. Pasar Takjil Kolong.
Jalan Ahmad Yani, Kolong, Sungai Lakam, Karimun terdapat pasar ramadhan yang kerap menjadi salah satu pilihan tempat bagi warga mencari menu berbuka.

Disini, berbagai menu dijajakan oleh para pedagang mulai dari Lakse, risol, kue kering, gorengan, bubur sumsum dan makanan berat yang dapat dijadikan pilihan menu berbuka. Tentu harga yang murah dan terjangkau.

Biasanya pasar ramadhan ini, buka pada pukul 16.00 wib hingga usai maghrib.

2. Jalan Haji Arab Karimun.
Jika anda belum memiliki lokasi untuk berburu takjil jelang berbuka, lokasi ini juga bisa menjadi pilihan anda mencari makanan berbuka bersama keluarga.

Tenda-tenda yang menjadi lapak pedagang dilokasi ini terpasang apik di sepanjang jalan Haji Arab, Sungai Lakam, Karimun. Lokasi ini dipenuhi kuliner kaki lima yang menggoda. Tapi khusus di momen Ramadhan, akan banyak penjual takjil yang menggelar meja di sepanjang jalan ini.

Pilihan menu berbuka puasa yang ditawarkan juga variatif seperti lontong isi, aneka gorengan, pempek, lakse hingga aneka makanan berat lainnya.

Yuk, Berburu Jajanan Takjil Ramadhan di Karimun_2
Jajanan Takjil Ramadhan di Karimun (Khairul/berita karimun)

3. Kawasan Costal Area Karimun.
Selain menjadi ikon kota Tanjung Balai Karimun. Kawasan ini juga turut menawaran berbagai menu menarik dan lezat bagi masyarakat yang ingin mencari menu berbuka.

Lokasi ini juga menjadi semakin ramai kala bulan ramadhan tiba. Beberapa pedagang yang sehari-sehari berjualan lokasi ini memanjakan para pengunjung dengan berbagai menu yang ditawarkan.

Hampir sama seperti santapan takjil yang ada pada umumnya. Para pedagang disini tak jarang juga diserbu oleh masyarakat yang mencari menu takjil namun dengan waktu yang singkat.

Costal Area Karimun memang dikenal menjadi tempat warga melakukan aktivitas hari libur bersama keluarga. Bahkan tak jarang tempat ini juga kerap dijadikan untuk pilihan ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

4. Simpang empat Bukit Senang.
Meskipun kawasan ini akan macet pada sore hari, tak membuat surut para pemburu takjil. Aneka makanan enak seperti kolak, puding, roti bakar, hingga sate bisa dengan mudah ditemui di tempat ini. Banyak juga yang langsung melaksanakan sholat Maghrib usai berbelanja takjil dan berbuka puasa.

Lokasinya yang strategis menjadi salah satu pusat jajanan takjil. Pengunjung pasar jajanan ini biasanya para warga masyarakat yang tinggal di Kecamatan Karimun.

Untuk belanja makanan atau takjil berbuka puasa di lokasi ini, tidak hanya dari umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa saja, namun beberapa warga non muslim juga ikut merasakan sensasi berburu takjil di pasar ini.

 

 

 

 

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva