Polsek Balai Kota Karimun Sita Puluhan Petasan

Karimun,beritakarimun.com – Di bulan Ramadhan, Petasan mulai beredar tanpa izin disejumlah kawasan di Karimun dengan diperjual belikan oleh Pedagang Kaki Lima (PKL). Alhasil Puluhan Petasan berbagai jenis itu diamankan Polsek balai Karimun, Sabtu (11/5/219) malam.

Puluhan Petasan itu langsung disita kepolisian karena dianggap meresahkan masyarakat dan dijual tidak sesuai ketentuan yang telah diatur undang-undang. Ada sebanyak 18 jenis petasan yang diamankan dalam cipta kondisi ini.

Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono mengatakan, operasi dengan sasaran pedagang petasan itu merupakan cipta kondisi yang dilakukan oleh jajaran Polsek balai Karimun untuk menciptakan kenyamanan dimasyarakat selama beribadah di bulan ramadhan.

“Ini adalah hasil cipta kondisi dengan sasaran lapak penjual kembang api untuk mencari kembang api yang dijual tidak sesuai ketentuan dan tidak memiliki izin penjualan. Distribusi resmi pasti memiliki izin dari mabes, Polda dan Polres. Selebihnya berarti ilegal,”ujar Budi.

Untuk petasan yang dapat diperjualbelikan itu adalah bunga api yang memiliki ukuran kurang dari dua inchi dan kandungan misiunya kurang dari 20 gram.

“Belum lagi jika menjumpai petasan yang ukurannya besar dan menimbulkan suara yg besar dapat mengganggu orang lain,” ujarnya.

Budi juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap penjualan petasan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kepada para pedagang kita juga memberi teguran. Dan untuk masyarakat juga agar memperhatikan anak-anaknya untuk tidak bermain petasan sehingga berpotensi terjadinya kebakaran,” ungkapnya.

 

 

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva