THM dan Warung Makan Boleh Buka Atau Tutup Selama Ramadhan? Ini Jawaban Bupati Karimun

Karimun,beritakarimun.com – Pemerintah Kabupaten Karimun memberlakukan kebijakan tiga hari tutup bagi usaha tempat hiburan malam yang ada di Kabupaten Karimun pada awal Ramadan 1440 Hijriah.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pemberlakuan kebijakan tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Karimun mengenai buka tutup tempat hiburan malam yang diberlakukan pada tahun sebelumnya.

“Aturannya buka tutup tempat hiburan seperti tahun sebelumnya yaitu tiga hari buka dan tiga hari tutup. Itu harus dipenuhi, karena sudah sesuai perda yang kita tetapkan,” ujar Bupati Rafiq usai melaksanakan shalat tarawih di Masjid Agung Karimun, Minggu (5/5/2019) malam.

Dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Karimun Nomor 2 Tahun 2011 tersebut, didalamnya mengatur tentang jadwal buka tutup tempat hiburan malam, panti pijat dan permainan. Saat hari hari besar keagamaan dan bulan suci Ramadhan.

“Selama Ramadhan juga nanti satpol PP kita memonitor agar jangan sampai ada yang melakukan pelanggaran dari perda yang sudah kita tetapkan,” ujarnya.

Rafiq mengatakan, Pemerintah juga akan mengkaji ulang perda tersebut jika memperoleh masukan dari masyarakat.

“Kalau memang nanti ada keinginan dari masyarakat untuk revisi karena perda ini juga dari masyarakat maka akan kita lakukan, tapi sampai hari ini Alhamdulillah sudah berjalan dengan baik dan itu dapat dilaksanakan,” jelasnya.

Selain itu, mengenai buka tutup warung makan, Bupati Rafiq tidak melarang untuk tutup pada siang hari selama bulan Ramadhan.

“Seperti biasa saya juga tidak menganjurkan rumah makan tutup, ya kita buka saja bagi orang-orang yang mendapatkan hidayah pasti tidak akan masuk,” jelas Rafiq.

Jika memperoleh laporan dari masyarakat, menurut Rafiq, pemerintah akan melakukan sweeping terhadap warung-warung makan yang ada di Karimun.

“Kita lihat nanti, kalau memang ada laporan dari masyarakt ke kita yang memang mungkin untuk kita lakukan ya Satpol PP akan turun,” jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva