Bupati Karimun Ingatkan Kades Soal Dana Desa

Karimun,beritakarimun.com – Penahanan Kepala Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur Barat, Sukairi (43th) yang dilakukan oleh pihak kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun ditanggapi Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Rafiq mengatakan, saat ini dirinya tetap memberikan kewenangan sepenuhnya atas proses hukum yang tengah berlangsung.

“Kita serahkan pada proses hukum yang masih berlangsung. Tentu kita harapkan dia siap menjalani dan inikan ada prosesnya lagi,” ungkap Bupati Rafiq saat ditemui di Rumah Dinasnya, Kamis (2/5/2019) sore.

Baca Juga: Kades Sawang Selatan Ditahan Kejaksaan Tanjung Balai Karimun

Menurut Rafiq, Pemerintah sebelumnya telah memberikan pembinaan terkait pengolahan dana desa. Hal itu juga telah disampaikan dalam rapat evaluasi antara pemerintah bersama seluruh kepala desa yang ada di Kabupaten Karimun.

“Dalam rapat evaluasi sudah berulang kali kita sampaikan, bagaimana pengelolaan dana desa yang baik, makanya juga kita lakukan pendampingan, mereka juga ada MoU dengan TP4D,” ujar Rafiq.

Rafiq menilai, keteledoran ini dilakukan dalam bentuk sisa anggaran atau Silva yang tidak dimasukan pada sisa anggaran untuk Anggaran pada tahun berikutnya.

“Harusnya dana ini berada di Bank, dan tercatat di dalam PPD desanya untuk penyusunan anggaran PPD desa pada tahun berikutnya. Saya dengar ini yang tidak terjadi,” jelasnya.

Rafiq juga menegaskan, untuk seluruh perangkat desa agar dapat mengelola dana desa dengan baik sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva