4 Kecamatan di Karimun Terima Sertifikat Tanah

Karimun,beritakarimun.com – Pembagian sertifikat tanah hasil Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada sejumlah 2.236 orang masyarakat berlangsung di Halaman Dinas Bupati Karimun, Jum’at (12/4/2019).

Penerima sertifikat tersebut, merupakan masyarakat yang berasal di empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Karimun sebanyak 520 penerima, Kecamatan Tebing sebanyak 130 penerima, Kecamatan Meral sebanyak 887 penerima serta Kecamatan Meral Barat 716 penerima.

Kepala kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kepulauan Riau Asnawati menyebutkan,
Program PTSL bertujuan melaksanakan pemetaan bidang-bidang tanah dengan atau secara sistematis.

“Dengan total yang akan dibagikan kepada 8.380 masyarakat di Kabupaten Karimun,” ujar Asnawati dalam pembagian sertifikat tanah kepada masyarakat, Jum’at (12/4/2019).

PTSL, Lanjut Asnawati, pada tahun 2019 memiliki target realisasi sebesar 25.000 bidang tanah, dimana pencapaian yang sudah dilaksanakan mencapai 23,6 persen.

“Jika dibanding tahun 2018 sebesar 15.000 dan target perealisasiannya sebesar 87,8 persen,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, Target Perealisasian Program yang digelontorkan pemerintah pusat tersebut terus meningkat setiap tahun.

“Penyerahan sertifikat ini merupakan intruksi langsung dari bapak presiden. Program PTSL Provinsi Kepulauan Riau ini akan dibagikan sebanyak 750.000,” ujar Nurdin.

Nurdin juga mengatakan, program sertifikat gratis tersebut memenuhi kepastian terhadap hak kepemilikan tanah oleh masyarakat di Kabupaten Karimun.

“Penyerahan sertifikat tanah dari pemerintah pusat untuk rakyat di Kabupaten Karimun ini patut kita syukuri,” ungkapnya.

 

 

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva