Perang Bintang Politik di Dapil 1 Karimun-Buru Semakin Sengit

Karimun, beritakarimun.com – Sistem proporsional terbuka di Pemilu 2019 memastikan nomor urut bukanlah syarat utama seorang calon legislatif (caleg) cikal bakal lolos ke Gedung wakil Rakyat DPRD Kabupaten Karimun.

Pertarungan para legislatif jelang 17 April 2019 pun dimulai, Kompetisi para legislatif tampak begitu sengit sejak awal Januari 2019. Para kontestan caleg mulai gencar memperkenalkan diri baik di jejaring sosial maupun ditengah-tengah masyarakat.

Pertarungan pileg ini tidak hanya berbeda partai, namun sesama partai pun kian sengit dalam bertarungan di daerah pemilihan masing-masing.

Dalam Pemilihan Legislatif 2019 ini, Diketahui Partai politik menurunkan para jagoannya alias bintang partainya untuk berlaga memperebutkan kursi DPRD 2019 di Daerah Pemilihan (Dapil) Karimun-Buru.

Dalam catatan kami, Ada sejumlah nama petahana di Dapil 1 (Karimun-Buru) yang masih ngehits atau bintang yang mampu mempertahankan kursi DPRD 2019.

Sementara ada juga dalam catatan kami diprediksi, cikal bakal wajah baru anggota DPRD Karimun 2019.

Siapa saja para bintang partai politik yang diprediksi akan berlaga memperebut 7 kursi DPRD dapil 1 Karimun Buru?

PKB
Sjarifuddin Seorang legislator periode 2014-2019 diprediksi masih bertahan menduduki kursi anggota DPRD periode 2019-2024 mendatang.Pasalnya pria yang berlabuh dengan kereta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu terus gencar mencari dukungan jelang pileg april 2019 mendatang.
Namun pria yang akrab disapa Ichap ini mesti harus kerja keras, jika tidak kursi yang akan dipertahankannya akan berpindah tangan ke ‘Charlie Donna’ yang tak lain teman sejawatnya dari PKB.

Partai Gerindra
Sosok ‘Yusriana Susanti’ di Kabupaten Karimun cukup dikenal orang ramai terkhusus kaum hawa, mantan politisi Partai Hanura itu kini bertarung di laga Pileg 2019 bersama partai Gerindra.Ia pun tampak gencar melakukan pendekatan dengan masyarakat jelang pileg 2019 ini.

Adik kandung dr Yusrizal anggota DPRD Provinsi Kepri itu kini sangat gencar di gerakan sosial medianya bersama emak-emak.

PDI Perjuangan
Aloysius politisi asal Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Perjuangan ini juga tidak diragukan dalam urusan politik di Kabupaten Karimun. Nama besarnya dikalangan warga Tionghwa Kabupaten Karimun mampu mengantarkannya ke gedung Canggai Putri periode 2014-2019.

Pengusaha sukses satu ini diprediksi mampu mempertahankan kursi partai Politiknya.

Partai Golkar
Djumadi Basirun salah satu kader Partai Golkar yang juga anggota DPRD Karimun dua periode kembali menjadi perhitungan dalam pemilihan legislatif daerah pemilihan Karimun-Buru.

Dukungan terhadap Djumadi tampak nyata dari berbagai kalangan, Termasuk dukungan nyata kuat dari Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang tak lain abang kandungnya sendiri.

Tidak hanya Nurdin , Ketua DPD partai Golkar Aunur Rafiq juga mendukung Djumadi tuk berlaga di pemilihan legislatif 2019 ini.

Bukan hanya Djumadi Basirun, Partai Golkar juga memiliki nama besar lainnya seperti Raja Sjariful Alamshah A,Md, Wiyono dan Sujoko SE yang siap berlaga di pemilihan legislatif 2019 tahun ini. Ketiga nama tersebut memiliki jam terbang politik yang tidak diragukan.

Partai Nasdem
Dua nama dikabarkan bersaing ketat tuk meraup suara dan sekaligus merebutkan bangku DPRD Kabupaten Karimun dari partai Nasdem dapil 1 Karimun-Buru yakni ‘Pristman Lalela dan Eri Januarddin.

Pristman Lalela sendiri memiliki kans yang tak diragukan dalam hal politik.Mantan ketua Partai Nasdem sekaligus salah satu pendiri partai Nasdem di Kabupaten Karimun itu didukung kaum milenial serta tokoh-tokoh yang ada di Tanjung Balai Karimun.

Nama Pristman untuk kalangan media sosial dan anak muda terbilang sangat ngehits.

Sementara Eri Januarddin juga terlihat berjuang dan berusaha keras untuk mendapatkan bangku di DPRD Karimun periode 2019-2024 dapil 1 dari partai besutan surya paloh tersebut.

PKS
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang diketahui memiliki segudang kader militan, juga mempersiapkan kader terbaiknya yakni ‘Suyadi’untuk berlaga di Dapil 1 Karimun-Buru.Diperkirakan tahun 2019 PKS dapat menyumbang 1 kursi untuk daerah pemilihan Karimun-Buru.

Suyadi sendiri diketahui sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera Karimun periode 2015-2020. Ia juga tampak gencar mensosialisasi baik di masyarakat maupun di sosial media.

PPP
Partai berlogo Ka’bah ini diperkirakan 2019 masih mempertahankan satu kursi di DPRD, namun tentunya calon legislatif PPP di dapil 1 harus bekerja ekstra keras untuk mencapai hal tersebut.

Diperkirakan nama Zuhdiono yang kini juga sebagai anggota DPRD periode 2014-2019 masih populer dan mampu bertahan di kursinya.

Partai Hanura
Nama Ady Hermawan politisi senior partai Hanura Kabupaten Karimun juga masih diperhitungkan untuk memiliki kursi DPRD periode 2019-2024. Pengalaman sosok Ady Hermawan dalam hal politik juga tidak diragukan kalangan masyarakat Karimun dan hingga kini nama Ady masih ngehits di tengah-tengah masyarakat.

Partai Demokrat
Partai berlogo mercy besutan mantan presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono ini juga memiliki kader yang tak diragukan di dapil 1 Karimun-buru.

Sebut saja, M Tahir salah satu kader demokrat yang diperkirakan masih bertahan di kursi DPRD Kabupaten Karimun dapil 1 Karimun-buru.

M Tahir yang akrab disapa Andak Tahir sejak duduk dibangku DPRD ia terlihat rajin menyapa dan menjenguk warganya, hal tersebut terlihat di akun sosial Facebook miliknya bernama Tohir Kh.

Dari pantauan kami, para kontestan Caleg saat ini yang berlaga di Dapil 1 terus gencar bersosialisasi dan terus mengambil hati rakyat dengan strategi yang dimilikinya.

Siapakah yang akan bertahan dan siapakah yang akan tergeser dan siapakah yang mengisi bangku di DPRD di dapil 1 Karimun buru di tahun 2019?

 

 

 

 

 

Editor : Codet Carladiva