Lanal Tanjung Balai Karimun Gagalkan Kapal Penyeludup Kayu Teki Tujuan Singapura

Karimun,beritakarimun.com – Tim Fleet One Quick Respons (F1QR) Patkamla V8 Lanal Tanjung Balai Karimun berhasil menangkap Kapal Motor kargo tanpa nama, Tonage 30 GT yang diduga memuat kayu teki hasil dari penebangan liar di sekitar Selat Mie Kecamatan Moro.

Kapal yang mengangkut kayu teki sekitar 20 ton tersebut diamankan di Perairan Moro Kecamatan Moro Kabupaten Karimun pukul 08.45 WIB pada posisi 0 44’.233” LU – 103 47’.334” BT, Senin (4/3/2019).

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro mengatakan bahwa penangkapan kapal tersebut berawal dari adanya informasi Intelijen bahwa di sekitar Selat Mie Kecamatan Moro terdapat kegiatan kapal yang memuat kayu teki hasil illegal logging yang terindikasi akan dibawa ke Singapura.

Mendapat informasi tersebut, Lanal TBK langsung bergerak cepat dengan menerjunkan Tim F1QR untuk melakukan patroli laut di perairan Moro.

“Dari hasil patroli laut di Perairan Moro, anggota kita melihat ada satu kapal yang mencurigakan. Selanjutnya dilaksanakan prosedur pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan, dilanjutkan dengan pemeriksaan dan penggeledehan,” ujar Catur.

Catur juga menjelaskan, Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata kapal berlayar dari Selat Mie Kecamatan Moro tanpa dilengkapi Dokumen Kapal dan memuat kayu hasil penebangan liar (illegal logging) tanpa dilengkapi dokumen yang sah dari instanti terkait.

Diketahui nahkoda kapal motor tanpa nama itu, berinisial IM dengan ABK 4 orang, sementara untuk hasil pengakuan Nahkoda kapal memuat kurang lebih 5.000 batang kayu teki atau seberat kurang lebih 20 ton.

Catur juga mengatakan perbuatan tersebut telah terbukti melanggar Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran dan Undang – Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

Saat ini kapal tersebut telah diamankan di Dermaga Mako Lanal Tanjung Balai Karimun untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

 

 

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva