Tes Psikologi Jadi Syarat Pembuatan SIM

Karimun,beritakarimun.com – Tes Psikologi bakal menjadi salah syarat bagi pemohon dalam membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) baru. Hal ini berlaku bagi pengemudi mobil maupun sepeda motor.

Kasat Lantas Polres Karimun AKP Teuku Fazrial Kenedy mengatakan, aturan ini merupakan sesuai pentunjuk korlantas Polri mengingat adanya laporan kepemilikan SIM oleh orang yang memiliki gangguan jiwa sehingga terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Maka pembuatan SIM A dan C untuk kendaraan yang bersifat individu wajib memiliki surat keterangan Psikologi,” ujar Kenedy, Rabu (16/1/2019).

Untuk aturan ini, Kenedy mengatakan tes psikologi akan dilakukan secara langsung oleh dokter psikologi terhadap calon pemohon pembuatan SIM nantinya.

“Untuk tes nya sendiri disediakan oleh koorlantas Polri bekerja sama dengan Bidpsi Polda Kepri. Sementara ini kita tinggal kita menunggu realisasinya saja,” katanya.

Kenedy mengatakan, selain harus dilengkapi surat keterangan Jasmani, pemohon juga harus melengkapi surat keterangan Kesehatan Rohani melalui tes Psikologi. Hal ini untuk meminimalisir adanya kejadian yang rawan untuk pengendara dalam berlalu lintas.

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva