Seekor Ikan Tuna Terjual Seharga Rp 44,9 Miliar

Jepang, beritakarimun.com – Tradisi lelang Tahun Baru yang digelar menjelang fajar untuk pertama kalinya di pasar ikan terbesar Jepang yang baru saja direlokasi dari Tsukiji ke Toyosu.

Dalam lelang perdana di lokasi pasar yang baru tersebut, tercipta rekor baru penjualan ikan tuna raksasa dengan harga 333,6 juta yen.

Ikan jenis bluefin tuna dengan berat 278 kg terjual seharga 333,6 juta yen, atau 3,1 juta dollar AS (Rp 44,95 miliar dengan kurs Rp 14.500 per dollar AS) di pasar ikan Tokyo, Sabtu (5/1/2019).

Rekor tersebut diraih lewat lelang seekor tuna raksasa seberat 278 kilogram, yang ditangkap di lepas pantai utara Jepang.

Nilai lelang itu bahkan mencapai dua kali rekor lelang sebelumnya, yakni 155 juta yen, yang dicapai pada lelang tahun 2013 lalu.

Adalah Kiyoshi Kimura, seorang pengusaha restoran sushi terkenal di Jepang, yang menjuluki dirinya sendiri Raja Tuna, yang telah mencetak rekor pembelian ikan tuna tersebut pada Sabtu (5/1/2019).

“Saya telah membeli seekor tuna yang bagus,” ujar Kimura mengenai ikan yang dibelinya dalam lelang.

“Harganya memang lebih tinggi dari perkiraan semula, tapi saya berharap pelanggan kami akan dapat menikmati tuna yang luar biasa ini,” ucap Kimura, seperti dikutip AFP.

Petugas di pasar ikan Tokyo, Masayuki Fukuda menyebutkan, nilai tersebut melampaui dua kali lipat dari harga tertinggi yang pernah dicapai pada 2013 lalu.

Dikutip dari Bloomberg, Kiyomura Corp yang menjalankan bisnis restoran Sushizanmai di seluruh Jepang merupakan pemenang lelang dari ikan termahal di dunia itu.

Ikan tuna itu, nantinya akan disajikan di outlet Sushizanmai di Tsukiji, dengan harga rata-rata per sajian 200 dollar AS (Rp 2,9 juta).

“Kami terlalu berlebihan, saya memperkirakan harganya akan di kisaran 30 juta yen hingga 50 juta yen, atau 60 juta yen, akan tetapi berakhir lima kali jauh lebih mahal,” ujar Kiyoshi Kimura, pemilik restoran Shusizanmai.

Ikan pemecah rekor tersebut ditangkap di daerah Oma, yang terletak di selatan Jepang, dan terjual pada lelang pertama di 2019 di sebuah pusat dekat Teluk Tokyo yang mulai beroperasi setelah relokasi pasar ikan Tsukiji Oktober lalu.

Pasar ikan terbesar di dunia, yang juga menjadi objek wisata populer di Jepang dengan deretan restoran dan toko-tokonya di Tsukiji, telah dipindahkan ke wilayah Toyosu, di sebuah bangunan bekas pabrik gas di Tokyo, arah timur lokasi pasar sebelumnya.

Pasar ikan Tsukiji yang dibuka sejak 1935 telah dikenal dengan lelang tuna terbesar yang digelar setiap hari menjelang fajar.

Ikan dari pasar ini digunakan oleh ibu rumah tangga hingga koki di restoran berbintang.

Lelang terbesar adalah yang digelar pertama usai Tahun Baru, di mana pembeli dari toko grosir hingga taipan sushi akan datang untuk mencari ikan terbaik.

 

 

 

 

Editor : Codet Carladiva
Sumber: Bloomberg