Karantina dan Bea Cukai Kepri Lepas 95.750 Ekor Benih Lobster di Perairan Takong Hiu

Karimun,beritakarimun.com – Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Perikanan Kelas I Batam bersama DJBC Khusus Kepri melepas 95.750 benih lobster ke Perairan Takong Hiu, Kabupaten Karimun, Selasa (25/12/2018) siang.

“Benih lobster hasil tegahan DJBC Kepri ini kita lepas ke laut demi menjaga kelestariannya,” ujar Kasi pengendalian dan informasi Karantina ikan pengendalian mutu dan keamanan hasil Karantina Tanjung Pinang Arrofiq.

Ribuan lobster senilai 12 Milyar tersebut ditegah oleh kapal patroli DJBC Khusus Kepulauan Riau di wilayah Perairan PU Jelloh, Senin (24/12/2018) pagi.

Baca Juga: Penyeludupan Benih Lobster Senilai 12 Miliar Digagalkan DJBC Khusus Kepri

Arrofiq menjelaskan, eksploitasi benih lobster melanggar aturan UU dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.01 tahun 2015 tentang Penangkapan Lobster dan Rajungan. Dalam Permen itu, pemerintah membatasi ukuran rajungan dan lobster yang boleh dieksploitasi yaitu dengan berat minimal 200 gram.

“Yang tidak boleh di tangkap adalah lobster yang tidak sedang bertelur dengan berat tidak lebih dari 200 gram,”jelasnya.

Dari penegahan itu, DJBC Khusus Kepri berhasil menyelamatkan aset negara senilai Rp. 12 milyar rupiah.

Diberitakan sebelumnya, penegahan lobster tersebut di dapat dari muatan speed dengan 4×300 PK yang ditegah oleh DJBC Khusus Kepri.

 

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva