Diakhir Tahun 2018, Tercatat, Tenaga Kerja Asing di Karimun Menurun

Karimun,beritakarimun.com – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun mencatat terdapat sebanyak 432 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) saat ini bekerja di Wilayah Kabupaten Karimun.

Masing-masing keberadaan pekerja asing ini berada di sejumlah perusahaan-perusahaan bidang Shipyard, Granit, Galangan Kapal, maupun pertambangan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Karimun. Umumnya TKA ini merupakan tenaga kerja teknisi lapangan.

“Umumnya, para TKA ini merupakan tenaga kerja teknisi lapangan. Beberapa diantaranya juga mengisi tenaga ahli dengan kapasitas setingkat direksi, Komisaris dan Advisor,” ujar Kristian Kasubsi Lalu Lintas Keimigrasian kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Karimun, Jum’at (16/11/2018) sore.

Kristian menjelaskan, jumlah TKA yang ada saat ini terhitung sejak Januari hingga 1 November tahun 2018. Meski demikian pihaknya selalu melakukan pembaruan data bagi para pekerja asing yang akan beraktifitas di Kabupaten Karimun.

“Untuk jumlah TKA ini setiap bulan kita lakukan update atau pembaruan data, karena para TKA ini memang ada yang sudah selesai melaksanakan proyek dan terdapat juga yang baru saja masuk untuk bekerja. Perubahan angka pun tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

pihak Imigrasi menilai, jika dibanding tahun sebelumnya, angka TKA di Karimun mengalami penurunan. Hal itu disebabkan beberapa perusahaan tambang beralih operasi ke wilayah lain.

“Beberapa kapal timah juga sudah pindah seperti ke Pangkal Pinang dan Selat Panjang, menurut mereka produksi sudah menurun dan akan mencoba di wilayah lain, ini menjadi salah satu penyebab menurunkan angka TKA di Karimun,” Ungkapnya.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva