Bupati Karimun Apresiasi PDGI Cabang Karimun Gelar Sikat Gigi Masal

Karimun, beritakarimun.com – Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi (PGDI) Cabang Karimun menggelar sikat gigi massal, Minggu (18/11/2018).

Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tersebut dipusatkan di Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun.

Peserta sangat antusias mengikutinya. Tercatat sebanyak 300 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Buru ikut memeriahkannya.

Kegiatan sikat gigi massal disejalankan dengan penyuluhan kesehatan gigi, pemeriksaan gigi anak dan pengobatan gizi anak di gedung serbaguna Kecamatan Buru yang dibuka oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Ketua PDGI Cabang Karimun, Suryadi dalam menyampaikan laporan kegiatan tersebut mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajarkan cara sikat gigi yang baik dan benar pada anak usia dini.

“Kegiatan ini bertujuan mengajarkan cara sikat gigi yang baik dan benar pada anak usia dini, dengan harapan bisa menularkan kepada orang tuanya dan teman-temannya,” ujar Suryadi.

Suryadi juga menyampaikan bahwa hasil riset kesehatan dasar 2018 yang dilakukan oleh Kemenkes RI, masih rendahnya derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. Menurut riset, hanya 2,8 % atau sekitar 7 juta masyarakat Indonesia yang melakukan sikat 2 kali sehari secara baik dan benar. Di Kabupaten Karimun, penyakit gigi dan mulut selalu berada di 10 penyakit terbesar setiap puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi menyebutkan, masih kurangnya dokter gigi di Kabupaten Kaarimun. Saat ini baru ada 19 dokter gigi yang tergabung di PDGI Cabang Karimun.

“Dokter gigi belum tersebar se-Kabupaten Karimun. Masih ada 5 puskesmas di 5 kecamatan yang belum memiliki dokter gigi. Dimohon kepada dokter gigi yang ada untuk mengajak rekan-rekannya mengabdi di Kabupaten Karimun. Dokter gigi sangat perlu dan sangat dibutuhkan bagi masyarakat,” ungkap Rachmadi.

Sementara itu, Bupati Karimun, DR. Aunur Rafiq, S. Sos , M. Si memberikan apresiasi kepada PDGI Cabang Karimun yang mampu melenggarakan kegiatan bakti sosial tersebut.

“Semoga kegiatan ini menjadi motivasi bagi masyarakat Kabupaten Karimun yg berjumlah 240 ribu utk menyikat gigi yg baik dan benar,” harapnya.

 

 

Editor: Codet Carladiva