Bawaslu Karimun Temukan 3 Oknum Caleg Terlibat Pidana Pemilu

Karimun,beritakarimun.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun memproses dugaan pelanggaran pidana pemilu yang diduga dilakukan tiga oknum Calon Legislatif (Caleg) dari partai yang sama.

Ketiganya adalah caleg DPR RI dapil Kepri berinisial ET, caleg DPR Provinsi Kepri dapil Batam AK, Caleg DPR Kepri dapil Karimun berinisial ICA.

Temuan ini berawal dari kegiatan turnamen bola volley yang berlangsung di Selat Mie, Kecamatan Moro pada 26 September hingga 20 Oktober lalu. Bawaslu menilai besaran hadiah yang diberikan dalam kegiatan tersebut tidak sesuai peraturan kampanye pemilu.

“Pelanggaran ini dilakukan dalam metode menggelar turnamen bola volley, selain itu di dalam nya juga ada dugaan pelanggaran pemilu dengan menjanjikan materi. Kita menduga, hadiah yang di berikan melebihi aturan yang ada,” Ujar Nurhidayat Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun dalam keterangan resminya, Rabu (14/11/2018) siang.

Saat ini, Bawaslu sudah melakukan Klarifikasi terhadap 17 orang saksi yang terdiri dari 3 pelapor, 3 terlapor, 2 saksi ahli, dan 9 orang saksi terkait serta 6 bukti terkait.

“Adapun bukti-bukti yang sudah terkumpul ada 6 diantaranya Foto, Video, baju kaos, bendera, Parabola, dan dokumen lainnya. Selain itu sudah 2 x pembahasan resmi di Gakkumdu yang terdiri dari 3 unsur yaitu Bawaslu Kabupaten Karimun, Kepolisian dan Kejaksaan Karimun,” terangnya.

Nurhidayat juga menjelaskan, kasus ini selanjutnya akan dilimpahkan ke penyidik Polres Karimun untuk proses lebih lanjut.

“Karena proses di Bawaslu sudah selesai, maka selanjutnya Hari ini (Rabu/14/11/2018) berkasnya akan kita limpahkan ke penyidik polres Karimun untuk pemeriksaan lebih lanjutnya,” ungkapnya.

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva