RSUD Muhammad Sani Miliki Fasilitas Pemeriksaan Awal Penderita Kanker

Karimun,beritakarimun.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani saat ini telah dilengkapi dengan laboratorium Patologi Anatomi. Fasilitas ini dapat digunakan sebagai pemeriksaan awal terhadap penderita penyakit kanker.

“Dengan adanya laboratorium ini dapat membantu masyarakat. Pemerintah Daerah terus berusaha meningkatkan infrastruktur dibidang pelayanan terutama kesehatan,” Kata Bupati Karimun Aunur Rafiq usai meresmikan gedung laboratorium Patologi Anatomi, Kamis (11/10/2018).

Jika sebelumnya, untuk melakukan pemeriksaan awal bagi penderita kanker, masyarakat harus menuju ke kota Medan. Tentu ini akan membutuhkan biaya lebih melihat wilayahnya yang cukup jauh.

“Dengan fasilitas ini masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh mengecek penyakit kanker untuk tahap awal di kota Medan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala RSUD Muhammad Sani Zulhadi menyebutkan, dalam setiap bulan terdapat 5-7 orang penderita kanker yang ingin berobat menuju RSUD Muhammad Sani.

“Dari waktu ke waktu penderita kanker terus meningkat, dalam sebulan bisa mencapai 5 hingga 7 orang,” katanya.

Pemeriksaan melalui Patologi Anatomi memiliki akurasi diagnosa mendekati 100 persen dengan melihat sel-sel kanker menggunakan alat yang ada saat ini.

“Diagnosa dengan Patologi Anatomi ini mendekati 100 persen, jika diagnosanya sudah pasti maka tindakannya pun pasti, bisa disini atau harus di rujuk yang memiliki sub spesialis dari penyakit tersebut,” ungkapnya.

Peningkatan pelayanan bidang kesehatan ini, merupakan dana yang berasal dari Kementerian Kesehatan senilai Rp. 1,7 Milyar. Sedangkan Gudang farmasi juga bersumber dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sebesar Rp3,5 miliar.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva