Tercatat, 107 Kasus Demam Berdarah Dengue di Kabupaten Karimun, Ini Pesan Kadinkes ke Masyarakat

Karimun,beritakarimun.com – Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Karimun saat ini terbilang tinggi. Sampai akhir September kemarin tercatat ada 107 kasus. Dari jumlah tersebut, didapati tiga penderita meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi mengungkapkan, dibanding tahun lalu maka kasus DBD tahun ini per akhir September cenderung meningkat. Sehingga upaya yang dilakukan menggelar beberapa kali pertemuan untuk gerakan abatesasi dan gotong royong, untuk Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Dari data kasus 107 ini angkanya memang naik kalau dibanding tahun lalu. Karena tahun lalu per September hanya 76 kasus. Hanya saja jika dibanding dengan tahun 2014, 2015 dan 2016 itu insyaallah yang tahun ini datangnya masih jauh posisinya dibawah,” ujar Rahmadi, Senin (1/10).

Adapun tiga korban DBD yang meninggal dunia diantaranya dua korban dari Kecamatan Karimun yang keduanya merupakan orang dewasa. Kemudian satu korban meninggal dunia dari Kecamatan Kundur Barat yang merupakan balita.

Rincian data DBD hingga akhir September di setiap kecamatan antara lain adalah, Kecamatan Karimun, 31 kasus, Kecamatan Meral 30 kasus, Kecamatan Tebing 25 kasus, Kecamatan Meral Barat 4 kasus, Kecamatan Kundur 4, Kecamatan Kundur Barat 7 kasus, Kundur Utara 3 kasus, Kecamatan Buru 3 kasus.

Rahmadi menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Karimun agar untuk mewaspadai wabah DBD. Sehingga harus menggalakkan gerakan 3M. Jika ada tanda-tanda atau gejala DBD seperti misalnya demam tak sembuh meski diberikan penurun panas, tulang sakit, dan timbul merah-merah segeralah ke dokter terdekat..

 

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva