Warga Karimun Sambut Gembira Peringati 1 Muharram

Karimun,beritakarimun.com – Peringatan 1 Muharram di Pulau Karimun dilaksanakan dengan pawai Generasi Qur’ani yang berlangsung di Costal Area Karimun, Selasa (11/9/2018) pagi.

Berbagi penampilan kreatif bernuansa islam ditampilkan dalam pawai yang di ikuti sebanyak 8. 651 peserta.

Ribuan orang tersebut berasal dari TPQ, TPA, pelajar SMA, SMP, MA, MTs, TNI, Polri dan ormas islam ikut menjadi peserta pawai. Para peserta dilepas oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan berjalan di sepanjang jalan raya Coastal Area.

“Pawai ini di ikuti sebanyak 8.651 peserta yang terdiri dari Pelajar, TNI-Polri, TPQ, TPA, maupun ormas, dan masyarakat,” Ujar Rafiq dalam sambutannya.

Bupati mengatakan, momentum perayaan tahun baru islam di Kabupaten Bumi berazam ini, memiliki nuansa yang sangat berbeda dibandingkan perayaan tahun baru masehi, dimana nuansa islami sangat di utamakan dalam pelaksanaanya.

“Di tahun baru Hijriah ini nuansa islami sangat terasa. Maka kegiatan ini akan kembali kita gelar dan menjadi agenda rutin tahunan di Bumi Berazam,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Rafiq, perayaan-perayaan tahun baru Hijriah dapat menjadi wisata religi di Karimun. Dalam kegiatan ini Pemerintah Daerah juga mengundang tamu-tamu dari negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

“Ini libur Nasional dan Internasional. Jadi kita bisa memperlihatkan beginilah kehidupan umat islam di Kabupaten Karimun dengan gebyar dan pawai. Bisa menjadi ajang wisata,” ujarnya.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva