Prajurit Lanal TBK Ikuti Glagaspur Kolatarmada I

Karimun,beritakarimun.com – Para Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun mengikuti Uji Petik dan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P1 dan P2.

Komando Latihan Komando Armada Barat (Kolat Armada) I di Makolanal TBK, Senin (3/9/2018).

Dalam hal ini, Komandan Kolat Armada I, Kolonel Laut (P) Fauzi SE, MM menjelaskan, Uji Terampil Glagaspur TK2/P1 terfokus pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan dan persenjataan.

Sedangkan, Uji Terampil Glagaspur TK1/P2 merupakan kesiapan Pangkalan dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan bersama-sama, baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi kondisi yang dihadapi.

“Pelaksanaan Glagaspur ini merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan, untuk menentukan tingkat kesiapan pangkalan TNI AL. Terdiri dari Uji Terampil Glagaspur TK2/P1 dan P2,” kata Fauzi saat membuka kegiatan Glagaspur di Mako Lanal TBK, Senin (3/9/2018).

Dia mengatakan, tujuan latihan ini dimaksudkan guna meningkatkan profesionalisme kemampuan prajurit dalam mencapai tugas pokok pangkalan dan menguji kesiapsiagaan Lanal TBK dalam tugas yang emban.

“Tingkat kesiapsiagaan dan profesi, tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkap kesiapan satuan khususnya pangkalan,” ujar mantan Danlanal TBK itu.

Hal senada juga disampaikan Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro melalui Pasintel Lanal TBK Kapten Laut (E) Wahyu Prabudi. Ia menuturkan, kemampuan secara perorangan maupun tim dapat menunjukan kesiapan operasional dalam menggunakan kekuatan demi mendukung penyelenggaraan tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Dengan dilaksanakannya uji terampil ini diharapkan, dapat memberikan gambaran terhadap penguasaan keterampilan dan kemampuan perorangan maupun tim secara teknis dan taktis serta terjalinnya kerjasama anatara pos tempur, pos komando dan pos komando utama yang dapat menunjukkan indikator tingkat kesiapan operasional dalam penggunaan kekuatan dalam mendukung penyelenggaraan tugas operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP),” ujarnya.

Wahyu juga menegaskan kepada seluruh prajurit Lanal TBK, agar menunjukkan semangat dan motivasi tinggi serta menjalin kerjasama tim secara sinergis dan interaktif.

“Tunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi dalam kegiatan ini, jalin kerjasama tim secara sinergi dan interaktif. Sehingga uji terampil ini dapat terlaksana dengan baik, lancar dan zero accident,” tutupnya.

 

 

Reporter: Khairul
Editor     : Codet Carladiva