Melahirkan di Atas Kapal, Anisah di Evakuasi Cepat Lanal Tanjung Balai Karimun

Karimun,beritakarimun.com – Seorang penumpang kapal bernama Anisah (20th) melahirkan bayi diatas SB Karunia Jaya dengan rute Pulau Moro-Karimun.Proses kelahiran dibantu pihak TNI AL Tanjung Balai Karimun, Jumat (24/8/2018) sore.

Peristiwa tersebut terjadi, Jumat (24/8/2018) sore, Saat itu penumpang bernama Anisah yang diketahui sedang hamil hendak melahirkan, hal tersebut sontak membuat penumpang dan kru kapal panik.

Wanita yang tengah hamil 33 minggu tersebut melahirkan sekitar pukul 16.45 wib sesaat dalam perjalanan dari Pulau Moro menuju Pulau Karimun. Ia melahirkan bayi laki-laki dengan berat 2000 gram dengan nafas dan jantung normal.

Melihat peristiwa itu, Asisten Staf Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto yang juga berada di dalam kapal tersbeut langsung menghubungi Danlanal Tanjung Balai Karimun guna pertolongan terhadap sang ibu dan bayi tersebut.

“Kepada Tim Kesehatan Lanal TBK kita langsung perintahkan agar melaksanakan penjemputan dan evakuasi terhadap ibu dan bayi ke Rumas Sakit,” Ujar Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Jum’at (24/8/2018) sore.

Catur juga memerintahkan agar tim kesehatan Lanal TBK untuk memperhatikan faktor keselamatan ibu dan bayi dengan memberikan penanganan medis secara maksimal.

“Beri penanganan medis secara maksimal. Sampai di Rumah sakit, bantu penanganan Medis dan pastikan kondisi Ibu dan bayi dlm keadaan Sehat dan baik,” Tegasnya.

Tiba di Pulau Karimun, sang ibu dan bayi langsung di evakuasi menuju Klinik Lanal TBK dengan menggunakan Ambulance Lanal TBK selanjutnya dibawa menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani.

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva