Bupati Karimun Shalat Idul Adha di Mesjid Baitul Karim

Karimun, beritakarimun.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq menunaikan ibadah shalat Idul Adha 1439 Hijriah bersama masyarakat Karimun di Mesjid Baitul Karim, Kecamatan Karimun, Rabu, 22 Agustus 2018.

Dalam agenda Idul Adha tahun ini, Bupati Karimun bertindak sebagai khotib mengatakan dalam khutbahnya agar kaum muslim khususnya masyarakat Karimun, dapat memaknai Idul Adha dengan meneladani keikhlasan dan kesabaran Nabi Ibrahim AS.

“Marilah kita maknai Idul Adha kali ini, dengan meneladani kesabaran dan keikhlasan Nabi Ibrahim alaihissalam dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Dimana beliau dengan penuh ikhlas mengorbankan Nabi Ismail, putra kesayangannya,” ujar Rafiq.

Selain itu, Bupati Rafiq juga mengatakan Idul Adha selain disebut hari raya haji juga disebut Idul Kurban, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Kurban itu artinya dekat, sehingga kurban itu menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT,” katanya.

Di samping itu, kesan atau I’tibar yang dapat diambil dari peristiwa hari raya kurban salah satunya adalah, bagaimana kewajiban orang tua dalam mendidik anak.

“Orang tua harus membentuk anak yang shaleh, menciptakan pribadi anak yang agamis, anak yang berbakti kepada orang tua, lebih-lebih berbakti terhadap Allah dan rasulnya,” ujar Rafiq.

Diakhir khutbahnya orang nomor satu di Bumi Berazam itu mengajak masyarakat karimun untuk kehidupan berbangsa dan menjaga kerukunan serta pengorbanan antar sesama.

“Kehidupan tanpa kerukunan akan menyengsarakan semua pihak. Marilah kita untuk berbagi kepeduli antar sesama, tolong menolong dalam kehidupan yang inshaAllah membawa Kabupaten Karimun menjadi daerah yang Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur,” ujarnya.

 

 

Editor: Codet Carladiva