Sidang Kasus KM Camar I Digelar

Karimun,beritakarimun.com – Sidang perkara dakwaan Pelanggaran Kepabeanan yang lakukan oleh Nahkoda KM. Camar I kembali digelar di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun, Selasa (21/8/2018) sore.

Sidang yang dipimpin langsung oleh Hakim ketua Budiman Sitorus itu beragendakan keterangan saksi dengan mengahadirkan komandan tim patroli Fery Pardinal dan wakil komandan tim Patroli Muhammad Ilham DJBC Kepri.

Terdakwa Syarifuddin Simanjuntak didakwa melakukan pelanggaran kepabeanan karena memuat sejumlah barang campuran seperti creaker, susu, ban bekas, pakan ayam, permen, pasta gigi, saos, dan bahan pakaian tanpa dilengkapi dokumen manifest sesuai barang bawaan.

“Dari pengakuan Abk kapal saat ditanya apakah bawa barang mereka menjawab tidak. Kita cek kedalam kapal ternyata ada barang-barang campuran di dalam,” ungkap Danpatroli DJBC Kepri Fery Pardinal saat memberikan kesaksian dihadapan majelis hakim.

Dalam kesaksiannya, Fery Menceritakan kronolgi penangkapan yang dilakukan oleh tim Patroli DJBC Kepri saat menegah Kapal KM. Camar I di Perairan Tanjung Balai Asahan pada 24 Maret 2018 lalu.

“Kita panggil melalui radio, karena itu adalah SOP, kita sandarkan mereka kita panggil ABK nya kita tanya dokumen manifest nya dan mereka tidak bisa menunjukan dokumen tersebut” paparnya.

Dalam persidangan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Amelia menghadirkan dua dokumen manifest milik PT. Dewa Samudera Agung Perkasa tertanggal 22 dan 21 dan 22 Maret 2018.

“1 Dokumen Manifest Nihil tertanggal 22 Maret 2018, dan 1 dokumen Manifest 170 tong kosong,” Jelas Ketua Majelis Hakim Budiman Sitorus.

Sidang lanjutan perkara tersebut akan kembali digelar Selasa pekan depan dengan agenda keterangan saksi ahli.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva