TNI AL Evakuasi Kapal Kandas di Pulau Moro

Karimun,beritakarimun.com – Kapal SB Karunia Jaya 1 mengalami kandas saat melintas di Perairan Pulau Terung titik, Moro, koordinat 00 57 375 U – 103 45 858 T. Minggu (20/8/2018) sekitar pukul 09.30 wib.

Proses evakuasi dilakukan oleh Pos TNI AL, bersama Polsek Moro, dan Basarnas. Kapal tersebut diketahui memuat 66 orang penumpang asal Tanjung Balai Karimun dengan Tujuan Tanjung Pinang.

“Mengetahui kejadian itu kita langsung memerintahkan Posal Moro untuk melaksanakan SAR dan evakuasi terhadap korban,” ujar Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, Minggu (20/8/2018).

Peristiwa itu terjadi saat Kapten kapal memutuskan lewat dalam untuk menghidari angin dan ombak kuat, tiba di Perairan Pulau Terung Kapal Ferry Kandas diatas batu karang.

Proses Evakuasi kapal sempat terkendala hingga menunggu air pasang. Untuk seluruh penumpang berhasil di evakuasi ke kapal SB Karunia Jaya 3 dan SB Budi Jasa dan kembali melanjutkan perjalanan.

“Seluruh penumpang selamat, sampai di pelabuhan Moro kembali untuk melaksanakan pengecekan ulang para penumpang tersebut dan memastikan semua selamat,” ujarnya.

Dalam hal ini, Danlanal TBK juga menghimbau para nahkoda agar memperhatikan faktor cuaca dan Alat kelelamatan sebelum melakukan pelayaran.

“Perhatikan cuaca, alat keselamatan pelayaran dan apabila terjadi permasalahan di laut agar segera hubungi Hot Line Posal atau Posmat terdekat,” Tuturnya.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva