FKPT Kepri Bekali Penyuluhan Agama

Karimun,beritakarimun.com – Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT) Kepri melakukan penguatan penyuluhan agama dalam rangka menghadapi bahaya radikalisme. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Aston Karimun. Rabu (15/8/2018) pagi.

Sekretaris FKPT Kepri Eka Saputra mengatakan, pasca reformasi yang ditandi dengan terbukanya keran demokratisasi menjadi lahar subur tumbuhnya kelompok radikal.

“Bahkan dalam skala yang lebih ekstrim telah menjadi gerakan anti non-muslim secara global mengatasnamakan agama islam,” katanya.

Menurut dia pencetus radikal dapat lahir dari berbagai sumber, seperti ekonomi, politik, dan sosial.

“Untuk itu keterlibatan semua pihak dalam menangani masalah radikal dan teroris sangat kita harapkan,” kata dia.

Oleh karena itu, apabila semua pihak ikut berperan dapat mempersempit ruang gerak radikalisme dan terorisme.

Sementara itu, BNPT Letkol Laut Setiyo Pranowo mengatakan, terorisme ini memang sangat berbahaya bagi semua.Sehingga masyarakat memiliki peran penting dalam pencegahan.

“Perlu kita pahami juga bahwa ancaman terorisme bukan hanya terletak pada aspek serangan fisik saja melainkan propaganda secara masif yang menyasar pada pola pikir dan pandangan masyarakat itu lah yang lebih berbahaya,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, kelompok teroris yang meresahkan ini mengatasnamakan diri mereka sebagai Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS).

“Pengaruh ISIS ini bernuansa kekerasan, permusuhan, penghasutan, dan ajakan untuk bergabungpun telah banyak menyasar ke masyarakat. Terlebih sasaran target mereka adalah kalangan generasi muda,” katanya

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva