Bhayangkari Polres Karimun Bagikan Ratusan Akte ke Warga

Karimun,beritakarimun.com – Bhayangkari Cabang Tanjung balai Karimun mengusulkan kepada Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Karimun untuk pembuatan akte kelahiran terhadap masyarakat kurang mampu di Kabupaten Karimun.

Ketua Bhayangkari Cabang Tanjung Balai Karimun Afin Hengky Pramudya mengatakan, pemberian akte dibagikan secara bertahap kepada masyarakat di Kabupaten Karimun.

“Targetnya minimal 150 akte akan dibagikan, tapi ini akan dilakukan secara bertahap,” Ujarnya saat pembagian akte kelahiran kepada masyarakat kurang mampu dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkara ke-66_tahun 2018 di Kantor Camar Tebing, Rabu (15/8/2018) sore.

Kegiatan ini, bertujuan agar para orang tua lebih menyadari pentingnya akte bagi anak sebagai kebutuhan administrasi masyarakat.

“Akte ini kan sebagai kebutuhan dan syarat utama untuk mengurus kependudukan, apalagi sekolah,” ujar istri Kapolres Karimun itu.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karimun Muhammad Afandi menuturkan, antusias masyarakat dalam pengurasan akte saat ini meningkat.

“Kalau untuk pembuatan akte sangat tinggi, karena itu tadi kita melakukan perjanjian kerja sama dan pelayanan keliling. Untuk masyarakat yang belum membuat akte langkah kita yang penting dia terdaftar sebagai penduduk Karimun, kita gunakan azas domisili,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, mengenai pembiayaan pembuatan akte kelahiran masyarakat tidak di pungut biaya. Maka dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari mempermudah dapat masyarakat mengurus akte kelahiran.

“Masalah pembiayaan itu gratis, maka dalam rangka HKG Bhayangkari ini membantu masyarakat karena mungkin ada yang belum mengurus,” Katanya.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva