Pemkab Karimun Serahkan Bantuan Perlengkapan dan Asuransi Nelayan

Karimun, beritakarimun.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun menyerahkan bantuan perlengkapan kepada para nelayan, Senin (13/8/2018).

Penyerahan bantuan tersebut langsung diberikan Bupati Karimun Aunur Rafiq yang didampingi Kepala Dinas Perikanan Rupindi Alamsyah di Kantor UPTD Perikanan Kelurahan Baran Kecamatan Meral.

Aunur Rafiq mengatakan bantuan yang rutin diberikan pemerintah untuk para nelayan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Karimun kepada nelayan.

“bantuan inis ebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Karimun kepada para nelayan, pemerintah berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan,” Ujar Bupati Karimun.

Bupati Rafiq juga mengingatkan kepada para nelayan agar dalam menjalankan aktifitas sehari-hari hendaknya memperhatikan keselamatan.

“Perlengkapan keselamatan melaut yang sudah disiapkan harus digunakan. Memang terlihat risih saat menggunakannya, tapi ini untuk keselematan,” pesan Bupati Rafiq kepada para nelayan.

Diketahui sumber anggaran bantuan ini berasal dari APBD Kabupaten Karimun sebesar Rp 13 miliar dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 2,6 miliar tahun 2018.

Dalam bantuannya disebutkan terdiri dari 5 unit kapal 2 GT untuk kelompok usaha bersama (KUB) Desa Pelambung Kecamatan Tebing, KUB Baran Kecamatan Meral, KUB Sei Raya Kecamatan, KUB Teluk Setimbul Pasir Panjang dan KUB Semembang Kecamatan Durai.

Kemudian jaring untuk KUB Pintu Air. Dengan rincian jaring nilon untuk 6 Kepala Keluarga (KK), jaring tangsi untuk 15 KK dan jaring udang untuk 12 KK.

32 unit sampan ketinting untuk KUB Kecamatan Ungar 15 unit, Teluk Mesodo Pelambung 3 unit, Teluk Uma 3 unit, Sei Pasir 1 unit, Desa Parit 4 unit, Desa Tulang 3 unit, Baran 1 unit dan Sei Raya 2 unit.

Selain penyerahan bantuan tersebut, Bupati Karimun juga menyerahkan asuransi dari Jasindo sebesar 200 juta kepada keluarga ahli waris Samat nelayan kecamatan Buru yang meninggal kecelakaan di laut dan 40 Juta dibagikan kepada keluarga ahli waris Amin nelayan desa Keban Kecamatan Moro meninggal karena sakit.

 

 

 

Editor: Codet carladiva