Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0317/TBK Panen Perdana Jagung

Karimun,beritakarimun.com – Kodim 0317/TBK melakukan panen perdana demplot budidaya jagung di Desa Teluk Paku Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat, Senin (13/8/2018) pagi.

Dandim 0317/TBK, Lekol Arm Rizal Analdie mengatakan selain intruksi langsung dari pucuk pimpinan tertinggi TNI, program ketahanan pangan ini bertujuan sebagai antisipasi krisis bahan pokok makanan jika terjadi di Kabupaten bumi berazam ini.

“Mengapa kita pilih jagung sebagai pengganti bahan pokok makanan, karna selain jagung merupakan salah satu pengganti beras, sagu dan gandum,” kata Dandim 0317/TBK, Lekol Arm. Rizal Analdie.

Dia mengatakan alasan dipilihnya tanaman jagung sebagai pengganti bahan pokok makanan dikarenakan tipologi daerah Kabupaten Karimun yang hanya cocok ditanami Jagung, kemudian dari hasil panen tersebut, akan disimpan sebagai stok.

“Jika terjadi bencana atau krisis pangan, maka ini dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Dalam panen perdana tersebut, pihaknya melibatkan petani setempat sebagai tani binaan diatas lahan satu hektar.

“Untuk kedepannya, kita juga akan tanam-tanaman lainnya seperti cabai dan sayur-sayuran jika memungkinkan,” ujarnya.

Sementara Camat Meral Barat, Monalisa mengatakan pemerintah daerah setempat sangat mengapresiasi program ketahan pangan, mengingat program yang dimaksud sangat tepat dilakukan di Kabupaten Karimun.

“Program ini sangat tepat sekali dilaksanakan di Karimun. Memang, untuk tanaman padi di tempat kita ini tidak bisa ditanami karna tempat kita ini bebatuan, namun jagung sangat tepat di tempat kita ini,” kata Monalisa dalam sambutannya.

Monalisa juga mengatakan pemerintah setempat sangat mendukung program ini, bahkan pihaknya meminta Kodim 0317/TBK untuk membina petani setempat agar dapat menanam tanaman lainnya seperti cabai dan sayur-sayuran lainnya.

“Kita meminta Kodim juga membina petani kita untuk dapat menanam cabai, sayur-sayuran dan tanaman lainnya yang dibutuhkan, agar masyarakat kita tidak susah-susah lagi,” katanya.

Selain meminta Kodim 0317/TBK untuk membina petani setempat, pemerintah daerah pun bersedia memberikan lahan yang diperlukan dalam program tersebut.

“Untuk lahan kita luas, tinggal dibicarakan saja dengan lurah, karna untuk lahan, lurah yang mempunyai wewenang,” tuturnya.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva