Komplotan Pencurian 31 TKP Dibekuk Tim Macan Hitam Polres Karimun

Karimun,beritakarimun.com – Tim Macan Hitam Polres Karimun berhasil membekuk satu komplotan pencurian dengan kekerasan sebanyak 31 Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kabupaten Karimun.

Wakapolres Karimun Kompol Agung Gima Sunarya mengatakan, kasus tersebut terungkap setelah polisi menerima informasi adanya tindakan pencurian di wilayah Kabupaten Karimun.

“Tim opsnal Satreskrim Polres Karimun mendapatkan informasi adanya pelaku yang melakukan pencurian di Perumahan Balai Garden Kelurahan Kapling Kecamatan Tebing pada 6 Agustus 2018 lalu,” ungkapnya saat menggelar press release di Aula Rupatama Mapolres Karimun, Sabtu (11/8/2018).

Polisi terus melakukan penyelidikan dan akhirnya mengamankan tersangka satu tersangka bernama Suryanto di jalan Poros. Dari hasil interogasi tesangka mengaku melakukan pencurian tersebut bersama 4 temannya di 31 TKP yang berbeda.

“Dari pengakuan tersangka kita memperoleh keterangan bahwa telah melakukan tindakan tersebut di 31 TKP, tapi yang masih ada laporan polisi saat ini hanya sebanyak 10 LP yang ada di kita,” Ujarnya.

Selanjutnya, tim kembali membekuk 4 orang yang merupakan satu komplotan dengan Suryanto, yakni Jang, Anto, Andi, dan Em. Dimana Em ini merupakan masih berusia di bawah umur dibawah umur dan sudah melakukan aksi pencurian sejak 2017 lalu.

“EM masih dibawah umur, selain itu salah satu tersangka atas nama Jang yang juga residivis jambret kita tembak kakinya karena dia mencoba melarikan diri. Sudah diberi peringatan, namun tetap melarikan diri, untuk itu petugas bertindak tegas dengan melakukan penembakan terhadap pelaku,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Tim Macan Hitam Polres Karimun AKP Lulik Febyantara mengungkapkan Modus yang kerap dilakukan pelaku kerap berpura-pura mencari barang rongsokan.

“Modusnya meraka ini siang hari berpura-pura mencari barang rongsokan, jika melihat rumah kosong mereka masuk dengan membobol jendela dan atap rumah calon korbannya,” Jelasnya Kasatreskrim Polres Karimun AKP Lulik.

Dari tangan tersangka polisi berhasil mengamankan uang tunai sebanyak Rp 59 juta, 30 hp dengan berbagai merk, 1 utas kalung bermodifikasi emas putih seberat 6,130 gram, 1 buah cincin emas seberat 6,2 gram, obeng, satu unit motor merk honda supra warna hitam dengan BP 2695 KS, 2 unit motor merk honda beat warna hitam dan warna putih dengan nopol BP 4859 KO dan BP 3268KI.

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva