LAM Kepri Sosialisasikan Tatacara Pernikahan dan Tepuk Tepung Tawar

Karimun,beritakarimun.com – Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau melakukan sosialisasi Pembinaan Sosialisasi Tata Cara Pengantin, Pengandaman, dan Tepuk Tepung Tawar Adat Istiadat Melayu Kepulauan Riau di Kabupaten Karimun, Jum’at (10/8/2018) sore di Gedung Nasional.

Ketua LAM Provinsi Kepri Datuk Sri Setia Amanah Abdul Razak Abu Bakar mengatakan, melihat kondisi wilayah Kabupaten Karimun yang berdekatan dengan negara lain disinyalir mudah terpengaruh oleh budaya negatif dari luar.

“Jika kita bandingkan dengan Batam dan Tanjung Pinang yaitu daerah yang mudah terjadi gesekan dengan budaya luar. Demikian juga Kabupaten Karimun,” Ujarnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengerti bagaimana tatacara pengantin dan tepuk tepung tawar sehingga melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat lebih menambah pengetahuan tentang adat dan istiadat.

“Kita lihat selama ini masih masih banyak masyarakat yang lintang pukang (tidak sesuai adat) dalam melakukan prosesi tepuk tepung tawar.

Sementara itu, wakil gubernur Kepulauan Riau Isdianto juga menuturkan, perlu dilakukan pembinaan menyoal pengetahuan adat istiadat kepada masyarakat.

“Kondisi kita sekarang kalau kita tidak cepat mengangkat adat istiadat agar tergerus secara terus menerus. Khawatir kita banyak pendatang, ada ke khawatiran kita jika tidak dilaksanakan secara cepat dengan melakukan pembinaan langkah demi langkah,” ungkapnya.

Dikatakannya, LAM dapat mengambil peran sebagai penyeimbang kepada masyarakat dari budaya moderinisasi yang saat ini kian menguat.

“Anak-anak remaja saat ini tidak terlalu perduli dengan hal seperti ini. Maka peran serta LAM sangat diperlukan sebagai penyeimbang,” ujar orang nomor dua di Kepri itu.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva