Cegah Virus, Dinkes Karimun Galakan Imuniasi Campak Rubella Bagi Anak

Karimun,beritakarimun.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karimun melakukan pencanangan Imunisasi Measles atau Campak Rubella (MR) bagi anak berusia 9 bulan Hingga 15 tahun.

Kampanye Imunisasi campak dan Rubella tersebut dilakukan untuk mengendalikan penularan virus, memutuskan transmisi penularannya di masyarakat, serta menekan angka penderita virus Campak dan Rubella itu sendiri.

“Pelaksanaan selama 2 Bulan, bulan Agustus untuk anak sekolah dan Bulan September untuk bayi serta Balita dengan pelaksanaan di Posyandu, Pustu, Puskesmas, Rumah Sakit dan pos-pos kesehatan lainnya,” Ujar Rachmadi dalam acara pencanangan kampanye Campak-Rubella, Rabu (1/7/2018) pagi.

Racmadi menjelaskan, pihaknya menargetkan imunisasi sebanyak 65.090 anak usia 9 bulan sampai 15 tahun untuk mencegah measles rubella (MR) atau campak. Imunisasi akan dilaksanakan di 694 pos atau tempat se-Kabupaten Karimun.

“Kita ada target, yaitu sebanyak 65.090 anak antara usia 9 bulan hingga 15 tahun untuk menekan angka penularanya dimasyarakat,” ujar Racmadi.

Rachmadi menjelaskan, kampanye MR ini bertujuan mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella tahun 2020, memustuskan transmisi penularan virus campak dan rubella, meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat serta menurunkan angka kesakitan campak dan rubella, menurunkan angka kejadian Conginental Rubella Syndroma (SCR).

“Penyakit measles/campak dan rubella sangat berbahaya dan mudah menular. Penyakit campak dapat menyebabkan kebutaan, radang otak dan radang paru-paru bahkan dapat menyebabkan kematian,” jelasnya.

Kampanye MR ini dilakukan serentak seluruh nusantara, kecuali di Jawa, yang mana Jawa telah melaksanakan nya pada tahun 2017.

Pemerintah Daerah juga meminta seluruh masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan program nasional tersebut.

 

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva