BPOM dan Dinkes Sidak Kangdungan Panganan Takjil di Karimun

Karimun,beritakarimun.com – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Riau bersama Dinas Kesahatan Kabupaten Karimun melakukan operasi sidak kandungan yang terdapat dalam panganan takjil di Karimun.

Dari 30 sample makanan dan minuman yang teliti, terdapat satu jenis
Minuman es mengandung zat berbahaya Rhodamin B. Diketahui bahan tersebut adalah pewarna sintetis yang biasa digunakan untuk Industri Tekstil dan Kertas.

“Iya ditemukan. Tadi sudah disampaikan kepedagangnya untuk tidak menjual panganan tersebut. Barang dagangan itu juga langsung dimusnahkan di tempat oleh BPOM,” ujar Kadis Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi melalui stafnya Irfandy usai sidak di Pasar takjil Kolong.

Dalam operasi tersebut, petugas melakukan pendataan terhadap para pedagang serta mengambil sample untuk dilakukan penelitian terhadap kandungan yang ada pada panganan tersebut.

“Jika memang ditemukan adanya kandungan zat berbahaya maka akan dilakukan tindakan kepada pedagang,” ujarnya.

Adapun sasaran petugas dalam operasi ini adalah makanan yang mengandung zat berbahaya seperti boraks, formalin, Rhodamin B dan Met Yellow.

“Dari Dinas Kesehatan kita mendampingi BPOM. Untuk hari ini kita lakukan pengawasan di Kolong, Sei Lakam,” ungkapnya.

Selanjutnya, BPOM bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun akan melakukan pengecekan terhadap kandungan panganan takjil selama 3 hari kedepan.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva