Pemkab Karimun Adopsi Sistem E-Office Pemkot Tanggerang

Karimun,beritakarimun.com – Pemerintah Kabupaten Karimun telah melakukan kerjasama dengan pemkot Tanggerang dalam pengolahan data terpusat melalui sistem berbasis aplikasi.

Hal itu sejalan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama pemanfaatan aplikasi e-Office kota Tanggerang bersama Pemerintah Kabupaten Karimun, Selasa (15/5) lalu yang berlangsung diruang Tanggerang Live Room (TLR) Gedung Pemkot pusat Tanggerang.

Sekretaris daerah Kabupaten Karimun M Firmansyah mengatakan, terdapat beberapa keunggulan dalam penerapan sistem ini, terutama mempermudah dalam hal pengelolahan tata naskah kedinasan, yang akan terkoneksi secara langsung ke masing-masing dinas.

“Keunggulannya dalam pengelolaan tata naskah kedinasan sangat simple sekali, kemudian ada banyak lagi ada belanja langsung, belanja tak langsung, mengenai APBD dan lain-lain yang terkoneksi ke intansi terkait,” ujar Firman..

Firman menjelaskan, Pemerintah kota Tanggerang melalui sistem pengolahan telah tersebut menerapkan sebanyak 98 aplikasi yang terpusat dalam satu data center.

“Salah satunya adalah e-office ini, maka dengan kesepahaman itu kita diberi peluang oleh mereka untuk mendapatkan aplikasi yang mereka terapkan saat ini sesuai dengan kita, secara gratis,” Jelasnya.

Firman juga menjelaskan, Kedepan Pemerintah Kabupaten Karimun melalui bagian humas akan menyusun langkah-langkah penerapan sistem yang digadang-gadang akan menyerap anggaran sebesar Rp 3 milyar.

“Kira rencanakan bersama bagian humas akan menyusun langkah-langkah kinerja mencapai hal tersebut, salah satu contoh SDM, yang paling penting IT atau programer, maka kita tidak lagi memakai Konsultan,” ujarnya.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva