TNI-Polri dan Pemerintah Daerah Karimun Bahas Pencegahan Aksi Radikal Terorisme

Karimun,beritakarimun.com – Sejumlah Unsur diantaranya TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah, Ormas, dan Masyarakat menggelar Fokus Grup Discussion (FGD) dalam Menangkal radikalisme dan terorisme serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibnas) yang kondusif, Rabu (16/5) pagi di Aula Rupatama Mapolres Karimun.

Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya SIK mengatakan, kegiatan ini dilakukan atas kepentingan bersama. Sehingga memiliki satu persepsi dalam menjaga keamanan di Kabupaten Karimun dari adanya ancaman teroris dan radikalisme.

“Langkah-langkah juga sudah kita lakukan meminta dukungan dari masyarakat dalam bentuk tanda tangan, selain itu kita melakukan shalat ghoib, doa bersama, serta deklarasi mendukung Polri,” Ujarnya.

Hengky mengatakan, Peristiwa teror yang marak terjadi belakangan ini merupakan bagian sel yang tertidur dari aksi Terorisme.

“Berkaitan dengan isu yang sudah berkembang kita tidak perlu paranoid, namun harus tetap waspada. Karena apa, kegiatan yang dilakukan oleh teroris ini merupakan sleeping sel atau sel yang sudah tidur,” Paparnya.

Sementara itu, Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie menyebutkan,
Kompetisi Global yang ada saat ini ialah suatu yang perlu di sadari bersama, dimana ancaman aktualnya adalah aksi radikal, teroris, narkoba, dan lain lain.

“Ancaman Aktual ini, apakah kita akan terlena dengan ancaman ini ? Kalau kita sama saling mengisi dan mengayomi tentu ini akan dapat teratasi,” Ucapnya.

Rizal menganologikan, hal itu dapat dilakukan dengan memperkuat Imunitas bangsa melalui semangat persatuan dan Kesatuan, Gotong royong, semangat perjuangan, dan semangat menjaga perdamaian.

“Kita Analogi kan Sebagai Imunitas bangsa, seperti semangat gotong royong, berjiwa pejuang, semangat menjaga kedamaian. Ini lah yang perlu kita suntikan kepada masing-masing kita sebagai Imunitas bangsa, sehingga terlaksana apa pesan yang ada didalam pancasila,” ujar Letkol Rizal.

Dalam acara tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua Pengadilan Negeri Karimun Budiman Sitorus SH, Wakil Ketua I DPRD Karimun Azmi, Wakil Ketua II DPRD Karimun Bakti Lubis, tokoh agama, tokoh adat, serta Organisasi Kemasyarakatan.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva