Waspada, Jelang Ramadhan Uang Palsu Beredar di Karimun

Karimun,beritakarimun.com – Satuan Reserse dan Kriminal Polres Karimun mengamankan pelaku tindakan pidana peredaran uang palsu Jufisal (29th) dikediamannya, Rabu (9/5) siang di Kolong bawah, Sei Lakam, Karimun.

Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Lulik Febyantara SIK mengatakan, tersangka mendapatkan uang palsu tersebut dengan cara mencetak sendiri dengan menggunakan printer.

“Jadi tersangka mencetak sendiri uang palsu ini dirumah, untuk jenis bahan kertas dia juga sudah paham sesuai pecahan yang akan dia cetak,” ungkap AKP Lulik.

AKP Lulik juga mengatakan, hal itu terungkap setelah salah satu warung yang melaporkan adanya transaksi pembelian yang dilakukan seseorang dengan menggunakan uang palsu dengan pecahan Rp. 100 ribu.

“Yang bersangkutan memeriksa ke aslian uang tersebut dan meyakini uang itu adalah uang palsu, kemudian dia melapor ke kita,” Ujarnya.

Selain itu, pelaku Jufisal (29thn) yang merupakan mantan mahasiswa Universitas Padjajaran (UNPAD) itu mengaku sudah tujuh kali membelanjakan uang palsu tersebut sejak bulan terakhir.

Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa uang palsu dengan pecahan 50 ribu satu lembar dan 100 ribu satu lembar, 1 Unit Laptop, 1 Unit printer, 1 pak Komik shachwt, 1 bungkus Rokok U mild, 1 unit Hp xiaomi, 2 botol minuman Merk phanter

Sebelumnya, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah uang palsu dari beberapa tempat di Karimun yaitu Moro 30 lembar pecahan Rp.100 ribu, Pantai pelawan 190 lembar pecahan Rp. 50 ribu, Pantai pongkar 77 lembar pecahan Rp. 100 ribu, Warung Bukit Sidorejo 1 lembar pecahan Rp. 100 ribu, Warung samping RSUD 1 lembar pecahan Rp. 100 ribu.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva