KPU Kabupaten Karimun Sosialisasikan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih

Karimun, beritakarimun.com – Guna sukseskan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun menggelar sosialisasi tahapan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih di Hotel Aston, Selasa (8/5).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Ahmad Sulton saat dikonfirmasi mengatakan, sosialisasi yang dilakukan bertujuan agar memberikan pemahaman terhadap penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2019 nantinya.

“Untuk sosialisasi kali ini, kita melibatkan dari kalangan LSM, Ormas, masyarakat paguyuban-paguyuban, termasuk juga kalangan pers, tujuannya adalah untuk menyebar luaskan informasi dan memberikan pemahaman tentang pemilu yang akan digelar nantinya, selama ini kan kita hanya melibatkan peserta parpol maupun penyelenggara.Setelah ini kita juga akan adakan kegiatan serupa juga tapi mungkin kita akan langsung turun ke lapangan dengan forum berbasis warga kita sebarkan informasi ini ke seluruh lapisan masyarakat tidak hanya forum tertentu,” ungkap Ahmad Sulton

Sementara untuk pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2019 secara serentak yang dimulai pada tanggal 17 April lalu hingga 17 Mei 2018 mendatang, Ahmad Sulton mengatakan di Kabupaten Karimun sudah berjalan hingga 90 persen.

“Ini sudah masuk minggu ketiga untuk proses Coklit, di lapangan laporan yang kami terima dari 12 Kecamatan saat ini kondisi coklit sudah terselesaikan lebih kurang 90 persen, berarti tinggal 1 minggu lagi, semoga selesailah semuanya. Untuk jumlah TPS sudah terbit sementara ini 780 TPS dengan 300 pemilih per TPS, untuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) juga 780 orang, karena satu TPS satu Pantarlih. Kita berharap semuanya akan berjalan dengan baik,” tutup Ahmad Sulton.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva